Lihat ke Halaman Asli

UmsidaMenyapa1912

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Dosen Umsida Tingkatkan Sadar Digital Marketing pada UMKM

Diperbarui: 26 September 2024   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Abdimas Umsida/dok. pri

Dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) raih hibah Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam program menggerakkan langkah pengabdian kepada masyarakat (Abdimas) memberi edukasi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sidoarjo gunakan digital marketing untuk tingkatkan angka penjualannya.

Mereka adalah Inggit Marodiyah ST MT, Cindy Taurusta SST MT dan Rizky Eka Febriansah SMb MSM dibantu oleh mahasiswa Umsida.

Sosialisasi Digital Marketing

Inggit bersama tim bergerak memberikan edukasi digital marketing kepada UMKM bidang industri batik Cahaya Gemilang yang bertempat di desa Kalipecabean Candi, Sidoarjo pada Kamis (08/08/ 2024).

Menurut tim abdimas Umsida ini, industri batik di Sidoarjo sangatlah bagus terlebih memiliki ciri khas yang identik dalam motifnya. Namun Inggit menuturkan sangat disayangkan karena pemasaran yang dilakukan masih secara interpersonal dan mengikuti event-event besar tertentu di kabupaten.

Inggit bersama tim berharap cara penjualan yang sebelumnya dilaksanakan secara face to face dapat dikembangkan dengan menggunakan e commerce.

Baca juga: Permudah Tugas Sekolah Anak Hingga Jadi Media Marketing

"Faktanya, internet dapat merubah perilaku konsumen dalam hal pembelian online, saat ini memanfaatkan internet menjadi sebuah peluang besar untuk memperluas penjualan produk melalui media digital. Karena melalui media sosial jangkauan akan lebih luas sehingga dapat menargetkan pelanggan dari berbagai lokasi dengan mudah," jelas Inggit.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Kadin Sidoarjo, ketua dan anggota UMKM Cahaya Gemilang, Dosen Umsida dan mahasiswa.

Selama kegiatan berlangsung, para dosen Umsida memberikan edukasi cara menggunakan google business, mendaftarkan pada e commerce seperti shopee dan sejenisnya, hingga mengedukasi cara membuat akun media sosial mulai dari Facebook, Instagram dan lainnya serta membuka wawasan besarnya peluang peningkatan angka penjualan jika menggunakan media digital marketing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline