Lihat ke Halaman Asli

UmsidaMenyapa1912

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Lulusan Teknik Elektro, Ini 10 Peluang dan Prospek Kerjanya

Diperbarui: 5 Agustus 2024   15:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Pexels

Untuk kamu yang  memiliki minat di bidang sains dan elektronika, lalu ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, jurusan Teknik Elektro mungkin bisa menjadi pilihanmu.

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu rumpun ilmu teknik yang juga disebut sebagai induknya teknik, mengapa? Karena Teknik Elektro merupakan salah satu rumpun ilmu teknik yang tertua, dan hampir semua aspek kehidupan manusia bergantung pada teknologi listrik dan elektronika.

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bisa menjadi salah satu pilihanmu untuk belajar lebih dalam tentang ilmu teknik tertua ini. Prospek kerja jurusan ini juga terbilang luas dan menjanjikan. Hal tersebut karena perkembangan teknologi dan era digital yang semakin cepat membuat banyaknya peluang kerja lulusan ini. 

Baca juga: Dosen Prodi Teknik Elektro Umsida Lolos Program Riset dan Inovasi BRIN 2023

Memangnya, apa saja prospek kerja jurusan Teknik Elektro? Di sini, kepala program studi Teknik Elektro Umsida Dr Izza Anshory ST MT akan menjelaskan lebih lengkap.

10 prospek kerja jurusan Teknik Elektro 

  1.  Power Engineer

Ilustrasi: Pexels

Yang pertama adalah power engineer. Pekerjaan ini bertanggung jawab dalam hal merancang, mengembangkan, dan mengawasi sistem tenaga listrik, mulai dari pembangkit hingga distribusi. Peluang kerja jurusan ini semakin besar karena pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur yang cukup cepat di Indonesia. Misalnya dalam sektor energi, industri, transportasi, dan lainnya.

  1.  Electrical Engineer

Lulusan Teknik Elektro yang melanjutkan karir di sini akan bertugas dalam bidang perancangan dan pengembangan sistem listrik di berbagai sektor, seperti bangunan, industri, dan perumahan.

Pekerjaan ini merupakan salah satu yang paling menjanjikan karena pertumbuhan konstruksi di Indonesia yang semakin banyak. Selain itu, seorang electrical engineer juga memberikan layanan pemeliharaan atau pemasangan sistem listrik pada perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, dan peralatan rumah tangga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline