Lihat ke Halaman Asli

UmsidaMenyapa1912

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Dr Hidayatulloh Berangkatkan 2 Mahasiswa Magang di Thailand

Diperbarui: 25 Juli 2024   14:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humas Umsida

Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Umsida), Dr Hidayatulloh MSi, memberangkatkan dua mahasiswa yang lolos magang di Thailand oleh pemerintah provinsi Loei, Kamis (30/05/2024). 

Mereka adalah Rishma Anggraini dan Raditya Ferdi Riyanto, mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) semester enam. Mereka berdua akan berangkat ke Thailand pada Sabtu (01/06/2024) dan akan melaksanakan magang selama empat bulan, tepatnya sampai 30 September mendatang. 

Baca juga: Konferensi Internasional Ikom Umsida, 4 Negara Berkumpul di Bali

Walau dari bidang yang sama, nantinya mereka akan mengajar bahasa Inggris di SD yang berbeda wilayah, namun masih satu provinsi. Rishma mengajar di Ban Loei Wang Sai School, Phu Luang, Loei. Sedangkan Radit mengajar di Anubanchumchon Phukredueng School, Phukradueng, Loei.

Saat pemberangkatan ini, mahasiswa juga didampingi oleh dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP), Dr Septi Budi MPd dan kepala Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional (LKUI), Isna Fitria Agustina SSos MSi.

Isna mengatakan bahwa magang ini sudah menjadi agenda di PBI. "Setiap tahun kami mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti magang internasional. Berkaca dari tahun kemarin, Pemerintah Loei mengatakan bahwa Umsida memiliki nilai paling bagus. Hal itu menjadi dasar bagi prodi untuk terus menyiapkan mahasiswanya," ucapnya.

Selama di sana, sambung Isna, para mahasiswa ini didukung langsung oleh gubernur dan dinas pendidikan provinsi Loei, jadi program ini benar-benar disupervisi sekali.

Humas Umsida

Amanah rektor kepada mahasiswa magang di Thailand

Sebelum pemberangkatan, rektor Umsida memberikan beberapa pesan kepada mereka. "Penilaian yang bagus dari pihak penyelenggara merupakan modal yang kuat untuk prodi, bahwa mahasiswa Umsida telah menunjukkan kinerja yang bagus. Mereka tak hanya hadir saja, tapi juga hadir memberikan manfaat yang besar," ucap rektor lulusan S3 Studi Islam UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Dari contoh tersebut, lanjutnya, dua mahasiswa ini sudah memiliki inspirasi, tinggal bagaimana mengembangkan dan mengaktualisasikan potensi diri. Dari pengalaman sebelumnya juga bisa dijadikan pelajaran bagi kedua mahasiswa agar pelaksanaan magang kedepannya menjadi lebih baik dalam memberikan pencerahan, penguatan, pengembangan, dan peningkatan pelajar di sana. Sehingga kehadiran mahasiswa magang  benar-benar dirasakan oleh para pelajar, sekolah, dan masyarakat setempat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline