Lihat ke Halaman Asli

UmsidaMenyapa1912

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Profesional Kerja Sesuai Surah An-Nisa Ayat 58

Diperbarui: 2 April 2024   15:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Menciptakan lingkungan yang profesional menurut Islam dijabarkan dengan kiasan menarik oleh dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Dzulfikar Akbar Romadlon MUd di channel youtube Direktorat AIK Umsida.

Allah telah memberikan kita guidelines, "Sebagai manusia untuk menjalankan profesi kita yang paling utama yaitu profesi sebagai manusia apa itu yaitu dengan mengikuti Baginda Nabi Muhammad SAW beliau adalah suri tauladan kita semua," Ungkapnya.

Baca juga: Anti Boncos, Ini 8 Tips Mengatur Keuangan Menjelang Lebaran

Amanah itu perlu diberikan dan wajib diberikan kepada seseorang yang mampu untuk memikulnya. "Tidak boleh kita memberikan amanah berurusan dengan besi kepada tukang kayu," Ujarnya.

Profesionalitas Kerja Sesuai Surah An-Nisa ayat 58

Hal ini sebagaimana yang tertera pada surah An-nisa ayat 58. innallha ya'murukum an tu'addul-amnti il ahlih wa idz akamtum bainan-nsi an takum bil-'adl, innallha ni'imm ya'idhukum bih, innallha kna sam'am bashr

"Sesungguhnya Allah memerintahkan kalian untuk memberikan amanah itu kepada ahlinya atau kepada seseorang yang menjadi pakar atasnya. Kalau engkau menghukumi di antara manusia dalam suatu perkara maka hukumlah perkara tersebut dengan adil," Jelasnya menjelaskan makna surah An-nisa 58.

Begitu juga dengan urusan-urusan yang besar sebuah negara. Misalnya ketika kita memberikan urusan pertanian sebuah negara kepada yang bukan pakar pertanian seperti pakar olahraga.

Contoh lainnya seorang pemimpin negara memberikan urusan atau mengangkat seorang menteri di bidang olahraga tetapi yang diangkat adalah seorang yang tidak paham terkait masalah olahraga tentunya hal tersebut tidak berkesesuaian dan tidak berkesinambungan.

"Oleh karenanya sebuah amanah itu harus diberikan kepada orang yang memang pakar. Kalau kita memberikan tugas kepada orang yang bukan pakarnya maka akan terjadi kehancuran," Ungkapnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline