Lihat ke Halaman Asli

UmsidaMenyapa1912

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

3 Mahasiswa Ikom Umsida Jadi Juara Silat Apik PTMA 2024

Diperbarui: 5 Maret 2024   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Ikom Umsida

3 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Ikom Umsida) berhasil menjadi juara pada perlombaan tingkat nasional. Mereka mengikuti kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (SILAT APIK PTMA) 2024. 

Mereka adalah Amanda Octavia yang mendapatkan juara 3 lomba iklan layanan masyarakat (ILM), Irma Fahriza Ifanisari, peraih juara 3 lomba reportase penyiaran, dan Khalifatus Syafiqah, yang mendapat juara 3 pada lomba digital konten.

Baca juga: Mahasiswa Umsida Juara 2 di Kompetisi Nasional Musabaqah Hifzhil Quran 20 Juz

Tahun ini, Silat Apik berlangsung selama 2 hari, Rabu & Kamis (28-29/ 02/ 2024) bertempat di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Di hari Rabu, mereka mengikuti seminar dan workshop sesuai lomba yang akan diikuti. Lalu di hari Kamisnya, mereka mengikuti awarding day, hari dimana pemenang lomba diumumkan. Terdapat 5 jenis lomba yang ada di kompetisi tahunan ini, ada lomba fotografi, reportase penyiaran, iklan layanan masyarakat, public relations and crisis, dan digital konten.

Secara keseluruhan, lomba-lomba ini tidak hanya menguji keterampilan praktis dalam bidang komunikasi saja, tapi juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana komunikasi memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Peraih juara lomba Silat Apik 2024

Dok Ikom Umsida

Seperti yang dikatakan oleh mahasiswa yang kerap disapa Manda yang mendapat juara 3 lomba ILM Silat Apik 2024. Ia berhasil menyampaikan pesan dalam iklan menggunakan narasi yang gamblang. Didukung dengan gambar dan video yang menginspirasi dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diiklankan, serta memahami pesan yang disampaikan. 

"Proses produksi iklan ini dimulai dari pemilihan konsep yang mencakup filtrasi pesan yang tepat, strategi narasi yang efektif, hingga pembuatan materi iklan yang dapat menarik perhatian dan mempengaruhi audiens, " ucap mahasiswa semester 4 ini. 

Pemenang selanjutnya di Silat Apik 2024 ini adalah Ifani, mahasiswa semester 4 yang telah memenangkan juara 3 pada lomba reportase penyiaran. Dengan mengangkat tema "Spirit of Java", ia berhasil menyiarkan dengan lugas tentang budaya yang ada di kota Solo.

Baca juga: Simak 3 Kiat Mahasiswa Teknik Mesin Untuk Juarai Lomba KTI Nasional 2023

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline