Lihat ke Halaman Asli

Mencicipi Rawon Klakah Lumajang

Diperbarui: 23 Juli 2024   13:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rawon Klakah (napaktilas.net)

Kata orang belum lengkap rasanya bila sedang di Lumajang tidak mencoba menu spesialnya. Rawon Klakah, menu yang wajib dicoba para pengunjung dari luar kota.

Saat itu kami sedang menuju lokasi Rakorev se Jawa Timur yang diadakan di MTsN 3 Kampus 2 Lumajang. Perjalanan yang amat panjang bagi kami yang tinggal dibagian barat wilayah Jawa Timur. Kami berangkat pukul 6 pagi dan sekitar pukul 13.30 siang kami sampai di kota Lumajang. Perut sudah memberi sinyal untuk segera diisi. Waktunya makan siang.

Sebelumnya tidak ada tujuan dimana kami mau makan siang.  Disepanjang perjalanan kami melihat dan mencari tempat makan yang sesuai bagi kami yang terdiri dari 12 orang.  Dan akhirnya kami menemukan rumah makan dikiri jalan. Rumah Makan Rawon Klakah Lumajang.

Didepan rumah makan tersebut terpampang berbagai macam menu. Tidak hanya rawon. Ada soto, krengsengan, sup iga dan lain sebagainya. Namun untuk rawon merupakan menu andalan di tempat ini.

Kami mencoba menu andalan tersebut, Rawon Klakah. Penasaran saja, apasih bedanya dengan rawon ditempat kami. Mungkin bumbunya beda. Tapi yang jelas pasti enak karena menjadi menu andalan di rumah makan ini.

Pesanan kami datang. Nasi putih dan diatasnya diberi satu iris daging goreng, diletakkan ditengah. Kami berpikir, dagingnya cuma segini, satu iris kecil? Tak lama kemudian datang lagi pasangannya. Mangkok berisi kuah rawon berwarna coklat. Taburan bawang goreng membuat kuah itu lebih beraroma. Ada juga sambal tomat serta lalapan kecambah sebagai pelengkapnya.

Tanpa pikir panjang kami segera mengeksekusinya. Kuah segera kami tuangkan ke nasi putih. Tetapi kami salah duga. Ternyata dimangkok tersebut bukan hanya kuah rawon. Tetapi ada banyak irisan daging yang terendam. Kami segera menikmati segarnya rawon Klakah disiang hari. Telur asin temannya rawon juga menambah cita rasanya. Hemm,...... Tidak salah memilih makan di rumah makan ini. Harganya juga standar, 20 ribu rupiah per porsi. 

Secara tampilan, memang beda rawon Klakah ini dengan rawon di daerah lain. Kuah rawon Klakah coklat lebih bening, tidak hitam seperti rawon didaerah lain. Ini pengaruh jumlah bumbu kluwak yang dipakai. Semakin banyak kluwak semakin hitam kuahnya. Tetapi semuanya enak. Apalagi pas perut lapar, siang panas-panas dan lelah. Pasti rawon Klakah bisa menjadi referensi yang pas. Lokasinya ada di Jalan Nasional nomor 25 Tambak Doyo Klakah, Kecamatan Klakah Lumajang.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline