Lihat ke Halaman Asli

ummu habibah

mahasiswa

Interprofesional Communication Antarpetugas Kesehatan di Layanan Kesehatan

Diperbarui: 8 Oktober 2024   21:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Surabaya -- Kelompok 2 Kelas A4 Angkatan 2023 dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga baru saja menyelesaikan sebuah makalah yang membahas mengenai "Interprofesional Communication Antar Petugas Kesehatan di Layanan Kesehatan" Makalah ini disusun oleh kelompok 2 di bawah bimbingan Dosen kami yaitu Ibu Nuzul Qur'aniati , S.Kep., Ns., M.Ng., Ph.D.. 

Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang komunikasi interprofessional di dalam kolaborasi interprofessional antar profesi dalam dunia kesehatan.

Dalam makalah ini, para penulis menekankan bahwa komunikasi interprofesi secara efektif antar petugas kesehatan seperti  dokter ,perawat, ahli gizi, dan tenaga kesehatan lainnya, sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan agar lebih optimal dan bermanfaat bagi banyak kalangan.  

Kolaborasi Interprofesi (IPC) memungkinkan berbagai profesi kesehatan bekerja sama secara harmonis dalam memberikan perawatan yang berkualitas kepada pasien. Hal ini tidak hanya meningkatkan keselamatan pasien, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang lebih efektif, efisien, dan memuaskan bagi semua pihak yang terlibat.

Kegagalan komunikasi antar profesi kesehatan sering kali menjadi penyebab utama kesalahan pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien yang tidak disengaja. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun komunikasi yang baik dan saling menghargai antar profesi. Kedua hal ini merupakan kunci untuk mengurangi risiko terjadinya kesalahan tersebut.

Pentingnya pelatihan dan pendidikan dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interprofesional. Kolaborasi interprofesi merupakan bentuk kerja sama dari berbagai jenis profesional kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi perawatan pasien agar pasien dapat mecapai tingkat kesehatan yang diharapkan. 

"Interprofessional Communication tidak hanya tentang berbagi informasi di antara profesi kesehatan,  tetapi juga merupakan strategi yang dapat digunakan untuk membangun hubungan positif dan saling menghargai di antara berbagai profesi dalam pelayanan kesehatan,"

Kelompok mahasiswa berharap dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya komunikasi interprofesional di dunia kesehatan, serta mendorong penerapan prinsip-prinsip IPC dalam praktik sehari-hari dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. 

Dengan meningkatnya kompleksitas layanan kesehatan saat ini, komunikasi interprofesional yang efektif menjadi semakin penting untuk melaksanakan kolaborasi interprofessional agar pasien dapat menerima perawatan terbaik yang mereka butuhkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline