Lihat ke Halaman Asli

Ummu Fatimah

Do the best

Meneladani Rasulullah: Cinta Tanah Air dan Negara Islamiyah

Diperbarui: 8 Oktober 2024   11:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

        Rasulullah Muhammad sebagai suri tauladan terbaik, sudah sepantasnya seluruh Sunnahnya diikuti oleh seluruh kaum muslim. Sunnah dalam hal dimaknai sebagai seluruh hal yang disampaikan oleh Rasulullah dalam risalah kenabian beliau atau Islam itu sendiri. Sikap Rasulullah hendaknya dijadikan standar dalam kehidupan kaum muslimin, termasuk standar dalam menunjukkan cinta tanah air.  

Setiap manusia yang memiliki naluri mempertahankan diri dan juga kasih sayang, secara alamiah akan menginginkan cara cara terbaik untuk mengelola tempat tinggalnya sehingga ia bisa tinggal dengan aman, nyaman, dan penuh dengan ketenangan. Hal ini dicontohkan Rasulullah, bahwa pengelolaan suatu wilayah dengan cara terbaik akan terwujud ketika menggunakan aturan Al Khaliq sebagai pencipta alam semesta termasuk manusia beserta tempat tinggalnya saat ini.

Oleh sebab itu, Rasulullah mencontohkan adanya kepemimpinan Islam dalam naungan Negara Islam yang mencakup seluruh wilayah Arab termasuk Mekah sebagai tanah kelahiran Rasulullah. Bahkan setelah Rasulullah wafat, negara Islam masih dilanjutkan oleh para sahabat dengan menyebutnya sebagai Al Khilafah atau kepemimpinan pengganti. Kepemimpinan yang digantikan oleh para sahabat bukan dalam hal kepemimpinan Rasulullah Muhammad sebagai nabi akan tetapi kepemimpinan beliau sebagai kepala negara Daulah Islam.

Al Khilafah Ajaran Islam

        Al Khilafah dalam kitab Qawaid Nizham Al Hukmi fi Al Islam karangan Dr. Mahmud Al Khalidi adalah kepemimpinan umum atas seluruh kaum Muslim di dunia untuk menerapkan aturan Islam, menjaga berlangsungnya aturan Islam dan melakukan penyebaran Islam dengan dakwah ke seluruh wilayah. Definisi ini sesuai dengan  Surat Al Baqarah ayat 30  yang artinya "Sesungguhnya Aku ingin menjadikan Khalifah di muka bumi". Kata "Khalifah" dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan sebagai orang orang yang memiliki ketaatan dan ketaqwaan kepada Allah dalam memutuskan hukum di tengah tengah permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Mereka berlaku adil menggunakan hukum hukum dari Allah ketika terjadi perselisihan diantara manusia ataupun ketika melakukan pengelolaan terhadap suatu wilayah. Sehingga untuk merealisasikan ayat ini harus ada pemimpin yang mau menerapkan hukum Islam dalam seluruh aspek kehidupan.

Rasulullah Muhammad juga menyampaikan "Sesungguhnya seorang imam itu laksana perisai. Masyarakat akan diperangi di belakangnya dan berlindung dengan kekuasaannya" [HR. Bukhari & Muslim]. Hal ini menunjukkan bahwa Al Khilafah adalah model sistem politik dalam Islam yang bertugas menjaga kemaslahatan penduduknya. Bahkan, pentingnya Khilafah dalam kehidupan manusia disampaikan oleh Rasulullah dalam hadits lain "Siapa yang meninggal dalam keadaan tidak berbaiat kepada Khalifah, maka ia meninggal dalam kondisi jahiliyah (memikul dosa yang banyak)" [HR. Muslim]. Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa Al Khilafah adalah bagian dari ajaran Islam yang secara tegas dan jelas disampaikan oleh Allah dan Rasulnya kewajibannya.

Penulis Riyadhus Shalihin, Imam An Nawawi dalam kitab beliau Syarah Shahih Muslim menyampaikan "Mereka (ulama) telah sepakat bahwa wajib atas kaum muslimin mengangkat seorang Khalifah". Hal yang sama disampaikan oleh Imam Al Qurthubi bahwa menegakkan Khilafah adalah sebuah kewajiban. Oleh karena itu, tidak ada perbedaan pendapat terkait dengan kewajiban Al Khilafah itu sendiri baik merujuk pada Al Qur'an. Sunnah dan juga disepakati oleh para ulama muktabar dunia. Berdasarkan uraian di atas, jelas bahwa adanya Khilafah adalah kewajiban bagi kaum Muslimin, serta bentuk ittiba' atau mencontoh Rasulullah dalam melaksanakan peran sebagai khalifah atau pemimpin di muka bumi.

Kepemimpinan Khilafah Islamiyah

Khilafah akan memanagement negara baik Politik dalam negeri (poldagri) dan politik luar negeri polugri) serta aspek yang lain menggunakan peraturan Islam. Poldagri Khilafah adalah terlaksananya hukum Islam dalam jual beli, hukum, pemeliharaan akhlak, media, pendidikan, sosial, dan ibadah. Penerapan polugri Islam sebagai berikut : 1) Seluruh hukum Islam dilaksanakan kepada kaum Muslimin, 2) Membiarkan Non Muslim dalam hal akidah, ibadah, makanan, dan pakaian, 3) Peraturan pernikahan dan perceraian Non Muslim dikembalikan kepada peraturan agamanya, 4) Negara melaksanakan aturan yang lain seperti hukum, ekonomi, sosial, media massa kepada seluruh warga negara, dan 5) Setiap orang yang memiliki kewarganegaraan Khilafah adalah rakyat Khilafah sehingga wajib memastikan kesejahteraan tanpa perbedaan Muslim atau Non Muslim. Sehingga di dalam Khilafah terwujudlah jaminan atas aqidah, harta, darah, dan kehormatan manusia. Hal ini, juga diakui oleh ahli sejarah Barat, bahkan perdamaian yang terjadi antar umat beragama di Granada Spanyol dan juga di Palestina menjadi bukti nyata atas Islam Rahmatan lil Alamin.

        Sedangkan, dalam aspek politik luar negeri Khilafah menerapkan aturan dakwah dan jihad. Dakwah kepada seluruh dunia agar setiap manusia terbebas dari penghambaan selain kepada Allah, metode dakwah yang digunakan adalah Jihad. Jihad adalah pertempuran antara pasukan militer. Sehingga konsep Jihad berbeda dengan perang saat ini yang membabi buta dengan melancarkan serangan kepada rakyat sipil. Jihad hanya memerangi pasukan militer, haram menyakiti perempuan, anak anak, dan orang tua, haram merusak gedung dan fasilitas umum. Berdasarkan mindset dan metode Jihad ini justru perdamaian di dunia dapat terjalin, karena hilangnya penguasa dzolim yang suka memanipulasi rakyat demi kepentingan pribadi ataupun golongan.

        Selain itu, Jihad bukanlah aktivitas pemaksaan untuk masuk ke dalam Islam lewat jalur militer. Bahkan tanpa adanya paksaan dari Khilafah, banyak penduduk wilayah yang telah ditaklukkan oleh Khilafah dengan suka rela memeluk Islam. Khilafah mampu mewujudkan hal tersebut karena sifat Islam sebagaimana berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline