Lihat ke Halaman Asli

Menyusun Daftar Wawancara

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Meskipun seorang pewawancara cenderung untuk memandang wawancara sebagai interaksi yang dibangun bersama, namun tetap perlu membuat daftar wawancara. Menyusun daftar wawancar dimuka memaksa kita untuk berfikir eksplisit mengenai apa yang kita perkirakan bisa diliput melalui wawancara tersebut.Lebih khusus lagi hal ini memungkinkan kita untuk memperkirakan kesulitan-kesulitan yang mungkiin akan ditemui. Dengan memikirkan terlebih dahulu berbagaia kemungkinan cara berlangsungnya wawancara tersebut.

Butir-butir di bawah ini memuat saran-saran mengenai bagaimana cara menyusun sebuah daftar wawancara mengenai bagaimana car menyusun sebuah daftar wawancara. Ini hanya dimaksudkan sebagai anjuran dan bukan merupakan patokan baku.

1.Setelah menentukan bidang umum yang hendak ditangani dalam wawancara, pikiran tentang cakupan permasalahan yang hendak anda liput melalui wawancara. Ada tiga permasalahan dalam proyek penelitian.

2.Letakkan topik-topik dalam urutan yang dipandang paling tepat. Dua pertanyaan mungkin bisa membantu di sini.

3.Pikirkan pertanyaan yang paling tepat untuk masing-masing bidang agar anda bisa membahas persoalan yang anda minati.

4.Pikirkan tentang upaya pendalaman dan dorongan yang bisa dilakukan untuk menindaklanjuti jawaban yang diberikan atas pertanyaan tertentu.

Salah satu strategi yang sering digunakan dalam jenis wawancara adalah dengan mengusahakan agar orang yang dimaksud berbicara tentang topiknya dengan sesedikit mungkin dorongan dari pihak wawancara. Dengan demikian teknik wawancara yang baik seringkali melibatkan semacam sentuhan halus dari pewawancara dan bukannya bersifat terlalu eksplisit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline