Lihat ke Halaman Asli

Ummi Latifah

Mahasiswa

BUDIKDAMBER! Solusi Ketahanan Pangan Mandiri Bagi Masyarakat Desa Paninggaran

Diperbarui: 11 Agustus 2023   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Paninggaran (05/08/2023). Salah satu Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Semarang melakukan edukasi kepada masyarakat Desa Paninggaran, khususnya Dukuh Sibrengkut, mengenai "Tata Cara Pembuatan Budikdamber".

Budikdamber merupakan salah satu sistem budidaya yang dilakukan dengan menggunakan ember, sehingga tidak membutuhkan lahan yang besar untuk budidaya ini. Keunggulan pada program "BUDIKDAMBER" dapat membudidayakan ikan bersamaan dengan memelihara sayuran diatas wadah budidaya yang dilakukan. Hal ini berarti, dengan "BUDIKDAMBER" terdapat dua hasil yang didapatkan dalam satu siklus budidaya yaitu ikan dan sayuran.

Program ini dilakukan dengan memberikan edukasi bagaimana caranya untuk membuat wadah budidaya dengan menggunakan ember. Acara dimulai dengan pengenalan tujuan kegiatan dari "BUDIKDAMBER" oleh pembicara. Selanjutnya dilakukan penjelasan mengenai cara pembuatan yang disertai dengan memberikan contoh membuat wadah budikdamber. Kemudian peserta dijelaskan mengenai ikan dan sayuran apa saja yang dapat digunakan untuk budidaya di dalam ember.

Setelah edukasi dilakukan, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pemeliharaan ikan dan tanaman dengan menggunakan metode budikdamber. Selain itu, dijelaskan juga mengenai tips and trick agar kegiatan budidaya berhasil.

Kegiatan edukasi ini dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan mandiri dapat dilakukan dengan kegiatan budikdamber ini. Dengan kegiatan budikdamber ini dapat menghasilkan ikan dan sayuran secara mandiri tanpa memerlukan lahan yang luas. Harapannya dengan pengetahuan budikdamber ini masyarakat dapat melakukan kegiatan tersebut secara mandiri, sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan nasional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline