Lihat ke Halaman Asli

Hai Para Pencari Kerja, Cuma Butuh 10 Detik Buat Mempelajari Curriculum Vitae-mu

Diperbarui: 25 November 2018   11:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Judul ini tentu ndak sembarang ditulis lho ya, dikutip dari berbagai sumber yang sebelumnya melakukan pencarian informasi terkait resume, ndak disangka ternyata ditemukan fakta bahwa hanya sepuluh detik waktu yang dibutuhkan oleh seorang HRD untuk mempelajari bagaimana isi dari resume. Kedenarannya tidak begitu baik ya, bagaimana tidak resume yang sudah susah payah dibuat hanya dibaca sesingkat itu, kasian buat kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan. Padahal sudah ditulis dengan sebaik-baiknya. 

Okelah, sebenarnya hal itu sangat wajar sebab tidak saja lamaran dan surat lamaran pekerjaanmu yang dipelajari pada saat yang bersamaan, ada ratusan berkas pencari kerja lain juga yang wajib dipelajari oleh HRD. Saya juga meng-amini ini, sebab sempat dipercaya untuk menyeleksi anggota baru. Bayangkan ada begitu banyak resume yang harus dipelajari, ndak mungkin dipantengin terus tuh resume kecuali orangnya memang sabar.. hehe

Dari sini saya pikir agaknya perlu upaya lebih dari kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan, kamu harus pandai mencuri perhatian seorang HRD melalui resume yang sudah kamu susun.

Tetapi jangan kamu lupakan juga, resume yang kamu buat ada potensi memiliki kesamaan dengan pelamar yang lain. Saya kira ini sangat mungkin terjadi. Dengan demikian mestinya resume yang kamu buat paling tidak uniq dengan pendaftar kerja lainnya bukan?. Jadi saya kira bagi siapapun yang saat ini sedang mencari pekerjaan wajib menulis curriculum vitae yang amat berbeda klo perlu belum pernah ada yang sama dengan yang lain. Sehingga dengan demikian kamu punya kesempatan buat menarik minat HRD untuk mempelajari resumemu.

Kabar baiknya saat ini penyedia lapangan pekerjaan lebih terbuka dan tidak menuntut aturan tertentu dalam membuat cv . Biasanya perusahaan semacam startup saat ini lebih menghargai kreativitas, dengan demikian ini merupakan poin positif bagi kamu yang berkeinginan menulis resume yang kreatif.

Kalo kata sahabat saya yg juga seorang desainer, 

"Perpaduan kalimat, gambar, dan warna mampu menyampaikan informasi yang jauh lebih baik dan efisien dibandingkan dengan hanya sekedar tulisan biasa". 

Jadi nggak ada salahnya buat kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan menyusun curriculum vitae yang memadukan kalimat, gambar, dan warna. Sehingga curriculum vitae mu menjadi lebih menarik dilihat. Klo kamu ndak punya ide, bisa browsing, ada banyak betebaran contoh resume kreatif di luar sana.

Bagaimana jika saya tak mampu design? Tak perlu cemas, ternnyata ada banyak website yang menyediakan curriculum vitae menarik secara free alias gratis. Salah satunya canva.com, resumeup.com, visualcv.com, cvmaker.com, ease.ly, freepik.com dan lain lain. Semuanya adalah website penyedia resume menarik yang bisa kamu dapatkan secara free! 

Kamu hanya perlu menuliskan keterangan terkait berkas pribadi, pendidikan, pengalaman kerja kemudian diikuti proses generate oleh website, setelahnya kamu akan memperoleh curriculum vitae menarik secara cuma-cuma baik berbentuk pdf atau curriculum vitae online. Khusus freepik.com kamu bisa juga memperoleh file curriculum vitae berformat . Ai,. PSD, juga vektor setelahnya kamu hanya perlu mengeditnya sesuai keperluanmu.

Lewat curriculum vitae menarik mampu membuat kamu uniq dengan yang lain, sehingga berkasmu akan memancing animo HRD dan kamu berkesempatan untuk mendapatkan profesi yang kamu idamkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline