Lihat ke Halaman Asli

Ummi Syarifah

Mahasiswa

Sejarah Sebagai Latar Belakang di Desa Sumberagung

Diperbarui: 14 Februari 2023   13:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sejarah merupakan salah satu aspek penting dalam industri pariwisata . Hal ini dikarenakan nilai dalam sejarah terkait kegunaan atau asal - usul dari suatu tempat atau benda memiliki daya tarik komersil yang bisa menarik wisatawan untuk mengenal lebih banyak tentang hal terkait asal usul suatu wilayah.

Di Desa Sumber Agung sendiri kaya akan sejarah, salah satunya Sejarah goa Paseban yang dulunya merupakan tempat bersemedi karena terkenal dengan nilai spiritualnya. Goa Paseban merupakan salah satu goa yang terletak di Desa Sumber Agung kecamatan pracimantoro. Goa ini saat ini dipergunakan sebagai sumber mata air yang menghidupi seluruh desa sumber agung dan beberapa desa disekitarnya.

Goa ini memiliki sisi historis yang panjang menurut Ki Jaladara ( kuncen goa Paseban ) pada dahulu kala goa paseban dipergunakan sebagai tempat orang - orang mencari ilmu/ kesaktian untuk bertapa menurutnya goa ini memiliki sisi spiritual yang tinggi sehingga cocok digunakan untuk bertapa/ telasan. Beberapa tokoh sejarah juga pernah melakukan proses tapa brata di goa paseban ini.

Penulis: Jamaica Arga Seloka




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline