Lihat ke Halaman Asli

Umiyamuh

Seorang Penulis

Membaca Buku, Buang Waktu

Diperbarui: 11 Juli 2023   04:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi pribadi 

"Membaca buku hanya membuang-buang waktu."

"Nggak berguna membeli banyak buku!"

"Ngapain, sih, beli banyak buku?"

Dan masih banyak lagi kalimat-kalimat yang orang katakan kepadaku. Padahal aku membeli buku juga nggak minta uang sama mereka, aku juga membaca buku tidak membuat beras di rumah mereka berkurang. Pantas saja minat baca buku sangat rendah. Belum apa-apa udah begitu.

Sabar, sabar...

Kita dalam menjalani hidup, cukup kita nikmati saja apa yang Tuhan sudah sediakan untuk kita, nggak perlulah ikut campur komentar tentang kehidupan orang lain. 

Misalnya Anda menyukai menonton sepak bola, lalu seseorang yang tidak menyukai hal yang sama malah bilang di depan Anda kalau ngapain nonton orang ngejar-ngejar bola, buang-buang waktu.

Anda pasti akan tersinggung, bukan? Orang sudah banyak umur tapi terkadang tidak bijak dan dewasa itu banyak. 

Baca buku banyak manfaatnya, kita jadi lebih tahu banyak hal. Berkeliling dunia tanpa keluar rumah. Kadang orang memang malas membaca, khususnya buku. 

Lelah, malas,buang-buang waktu. Kita memang tidak dapat memaksakan orang lain untuk menyukai apa yang kita suka. Tapi setidaknya, mencoba mengenalkan mereka pada kebaikan, apa salahnya, 'kan?

Sayangnya banyak orang tua yang justru melarang dan memarahi anak mereka karena membeli buku, karena alasan bukan buku pelajaran. Anak mereka membeli novel. Kenapa?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline