Lihat ke Halaman Asli

Kurangnya Implementasi Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 4 Juni 2024   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang baru dimana pemerintah telah membuat kurikulum tersebut guna sebagai perbaikan terhadap pendidikan yang ada di Indonesia. Namun tentu saja banyak hal yang masih perlu diperbaiki mulai dari kesiapan guru dalam mengajar, sara prasarana, serta pembelajaran yang masih kurang. 

Dalam hal kesiapan seorang guru dalam mengajar masih banyak hal yang harus diperhatikan, mengapa demikian ?, Karena guru adalah perantara dari implementasi kurikulum merdeka tersebut, namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak guru yang belum paham dengan kurikulum merdeka akibat dari peralihan kurikulum sebelumnya, oleh karenanya implementasi dalam kurikulum merdeka masih belum bisa maksimal karena masih banyak guru yang belum paham serta bagaimana cara mengimplementasikan kurikulum merdeka yang kedua adalah sarana Prasana sekolah, dalam penunjang kurikulum merdeka tentu saja harus ada kelengkapan sarana  prasana karena kurikulum merdeka berfokus kreativitas murid oleh karena itu dalam menunjang kreativitas murid maka perlu diperlukan sara prasarana yang lengkap. 

Namun kenyataannya masih banyak sekolah ataupun lembaga yang minim sarana prasarana, hal ini yang perlu diperhatikan oleh pemerintah bagaimana dalam menyikapi serta memberikan layanan dalam hal kelengkapan sarana prasarana sekolah. Yang ketiga adalah pembelajaran yang tidak maksimal memang kurikulum merdeka merupakan wujud dari kemerdekaan iti sendiri bagaimana murid mampu menciptakan imajinasi dan kreatifitasnya sendiri, namun dalam hal ini tentu harus didampingi oleh guru, banyak guru yang merasa kurang maksimal dalam pembelajaran terutama dalam hal mendidik karakter dari murid-murid sekolaha. 

Banyak kegelisahan yang dirasakan oleh para pengajar terutama karakter murid yang semakin buruk dan tidak ada unggah unggah terhadap guru yang mengajarnya. Beban yang ditanggung oleh seorang guru sudah sangat besar terutama tugas guru yang dituntut untuk melakukan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Tentu hal ini menjadi beban tersendiri bagi seorang guru terlebih lagi harus menjadi contoh serta suri tauladan yang baik. Kurikulum merdeka membebaskan murid untuk berkreasi sebaik mungkin namun lupa dengan mendidik karakter yang baik dalam diri seorang murid. Banyak hal yang menjadi faktor kekurangan kurikulum merdeka . 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline