Lihat ke Halaman Asli

Umi Masruro

Mahasiswa

Pengembangan dan Penerapan Teori

Diperbarui: 15 Desember 2019   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

1. Keterkaitan Hubungan Antara Ilmu dengan Filsafat 

Berbicara mengenai ilmu tidak akan terlepas dari filsafat. Tugas filsafat pengetahuan adalah menunjukkan bagaimana pengetahuan tentang sesuatu sebagaimana adanya. 

2. Hubungan Antara Filsafat Ilmu dan Agama

Filsafat dan ilmu juga dapar mempunyai hubungan yang baik dengan agama. Filsafat dan ilmu dapat membantu menyampaikan lebih lanjut ajaran agama kepada manusia.  Filsafat membantu agama dalam mengartikan teks-teks sucinya.  Filsafat menyediakan metode-metode pemikiran untuk teologi dan filsafat juga membantu agama dalam menghadapi masalah-masalah baru. 

3. Implikasi dan Implementasi dalam pengembangan Keilmuan dan Pendidikan 

Implikasi dan implementasi didalam pengembangan keilmuan sangatlah besar, karena untuk mengembangkan keilmuan diperlukan pemikiran-pemikiran baru yang inovatif. 

ILMU PENGETAHUAN DAN TANGGUNG JAWAB ILMUWAN

1. Pengertian Bebas Nilai Dalam pengetahuan 

Ilmu pengetahuan tidak boleh terpengaruh oleh nilai-nilai yang letaknya diluar ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan itu seharusnya bebas bebas disini berarti kemungkinan untuk memilih dan kemampuan untuk memilih diri sendiri. Dan supaya terdapat kebebasan, harus ada penentuan dari luar. 

2. Nilai Objektif dan Subjektif 

Objektif merupakan sesutu yang bisa diukur yang ada diluar pikiran atau persepsi manusia. Dan subjektif merupakan fakta yang ada dipikirkan manusia sebagai persepsi, keyakinan, dan perasaan. Dan nilai itu bersifat objektif tetapi kadang-kadang juga bersifat subjektif 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline