Lihat ke Halaman Asli

Umi maesaroh

Umi maesaroh

Jagalah Kebersihan Jika Anda Ingin Sehat

Diperbarui: 17 Desember 2019   11:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kebersihan merupakan sebuah kunci untuk menentukan kita berada dilingkungan sehat atau tidak. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah sampah. Contohnya dalam dunia wisata, banyak wisata di Indonesia yang sangat indah dan sangat dikenal masyarakat dalam maupun diluar negeri. Namun lagi-lagi sampah penghambatnya, karna tidak sedikit orang yang pergi ke tempat wisata membuang sampah sembarangan.

Banyak manusia yang lalai dalam dunia kebersihan. Apalagi membudidayakan membuang sampah pada tempatnya. Padahal sudah banyak tempat-tempat sampah yang ada dipinggir jalan guna untuk bisa membudidayakan membuang sampah pada tempatnya. Apalagi  Indonesia sangat banyak penggunaan samapah plastik dan tidak jarang sampah plastik  yang mereka gunakan dibuang semaunya. Padahal penggunaan sampah plastik sangat berbahaya.

Sampah plastik ini sangat susah dihancurkan butuh bertahun-tahun untuk bisa menghancurkannya dan jika sekalipun dibakar masih saja tidak akan hilang. Pemerintah telah berupaya untuk mengurangi penggunaan sampah plastik namun hal ini belum sepenuhnya belum bisa mengatasi karna banyak orang yang berjualan dipasar masih mengunakan katong plastik.

Untuk hal ini bukan saja pemerintah yang harus berkontribusi namun masyarakat juga ikut serta membantu masalah ini. Sehat atau tidak tergantung diri kita, lingkungan kita bersih atau tidak juga tergantung pada diri kita sendiri. Oleh karna itu sampah plastik menjadi pusat perhatian yang berada pada garis merah artinya sudah sangat memprihatikan.

Sampah plastic juga menimbulkan berbagai bencana yakni seperti banjir. Banjir terjadi karna adanya penumpukan di selokan atau di sungai. Karna terlalu banyak sampah yang menumpuk menjadikan air susah untuk mengalir, jadi tidak heran ketika hujan turun dengan lebat akan mendatangkan banjir.

Dari sinilah kebersihan benar-benar harus dijaga karna tidak sedikit dampak yang ditimbulkan akibat kita kurangnya perhatian terhadap lingkungan sekitar kita. Jadi tidak heran banyak masyarakat yang sering sakit karna hanya hal spele. Seperti demam berdarah, penyakit ini ditimbulkan karna hal spele yakni kurangnya perhatian akan adanya genangan air dan baju yang bergelantungan.

Hal ini dipikir memang sangat spele namun jika kita lihat kenyataannya dampak penyakit ini sangat berbahaya karna tidak jarang kita liat dirumah sakit banyak orang yang menderita demam berdarah meninggal dunia dan tidak sedikit yang menyesal ketika sudah kehilangan seseorang.

Oleh karna itu sangatlah penting kita sebagai manusia untuk menjaga kebersihan dan menjaga lingkungan. Karna menjaga lebih baik dari pada mengobati. Sebelum terlambat dan adanya penyesalahan di kemudian hari mari kita sama-sama menjaga lingkungan agar kita bisa terhindar dari segala penyakit dan berbagai macam bencana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline