Lihat ke Halaman Asli

Umi LatifatulLaeliyah

Senior Manager Oriflame Indonesia

Ultabi Hadir, Siswa Happy! Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Pengenalan Sampah Organik dan Anorganik pada Siswa Sekolah Dasar

Diperbarui: 11 Agustus 2022   02:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Cilacap (20/07/2022) - Melihat adanya kebosanan kegiatan belajar mengajar pada siswa, mahasiswa KKN UNDIP menciptakan suatu inovasi permainan ular tangga jumbo "ULTABI" (Ular Tangga Biologi) dengan konten pengenalan sampah organik dan anorganik. Kegiatan ini sebagai bentuk upaya peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Pembelajaran tentang kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting karena berhubungan erat dengan kesehatan dan kenyamanan. Lingkungan yang bersih akan membuat hidup menjadi lebih sehat dan nyaman. Salah satu penyebab lingkungan menjadi kotor dan kumuh adalah sampah. Sampah menumpuk dapat menjadi sarang perkembangbiakan hewan penyebab penyakit pada manusia. Lingkungan sekolah yang bersih maka kegiatan belajar mengajar lebih nyaman dan materi yang disampaikan akan lebih mudah diterima siswa

Dapat kita ketahui bahwa pembelajaran tentang kebersihan baik di sekolah maupun lingkungan rumah mayoritas menggunakan media poster atau selebaran dan presentasi. Dengan adanya ULTABI, siswa menjadi lebih mudah dalam memahami jenis sampah, mampu memilah sampah, dan membuang sampah sesuai tempatnya dengan cara yang lebih menyenangkan. Permainan ular tangga merupakan permainan edukatif bagi anak sekolah yang bersifat menyenangkan sehingga anak dapat tertarik untuk belajar sekaligus bermain. Oleh karena itu, pemilihan permainan ular tangga mampu memberikan umpan balik dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, permainan ini sudah banyak dikenal dan dapat dengan mudah dimainkan oleh anak-anak.

dokpri

Pesan-pesan mengenai kebersihan lingkungan terselip pada kotak-kotak permainan ular tangga. Selain itu, diselipkan juga tantangan dan kuis. Tantangan yang dimaksud antara lain siswa diminta untuk mencari sampah organik dan anorganik di sekitarnya serta membuang sampah sesuai pada tempatnya yang benar. Kuis berisi pertanyaan singkat tentang contoh sampah, dampak positif dan negatif sampah, dll. Desain ULTABI yang menarik, berwarna, dan dilengkapi gambar edukasi sampah menjadi daya tarik siswa.

Terlihat antusias siswa SDN Dayeuhluhur 05 dalam menjalankan permainan ular tangga dan menyelesaikan setiap tantangan. Diharapkan pesan-pesan yang ada dalam permainan dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. 

Penulis: Umi Latifatul Laeliyah (24020119130055)

Lokasi KKN: Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap

Dosen Pembimbing: Drs. Eko Ariyanto, M.T




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline