Lihat ke Halaman Asli

Umi Kholifah

Pekerja ,Karyawan swasta

Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Berolahraga

Diperbarui: 14 Agustus 2023   19:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kesehatan adalah aset berharga yang perlu untuk di jaga dan diutamakan .Melalui gaya hidup yang sehat berupa perawatan diri yang baik, serta pengambilan keputusan yang bijak terkait kesehatan anda pun dapat mencapai kualitas hidup yang lebih baik dan lebih panjang . Hal ini melibatkan keseimbangan yang baik antara berbagai aspek kehidupan termasuk fisik mental, emosional, sosial dan lingkungan .Kesehataan tidak hanya berarti ketiaadan penyakit akan tetapi juga melibatkan kemampuan tubuh dan pikiran untuk berfungsi secara optimal .

Berikut aspek-aspek penting dari kesehataan meliputi :

1. Kesehatan Fisik

Hal ini berkaitan dengan kondisi tubuh anda termasuk fungsi organ, kebugaraan fisik, nutrisi, dan tingkat aktivitas fisik . Meliputi dalam menjaga berat badan yang sehat ,menjalani gaya hidup yang aktiv, serta mennghindari prilaku yang merugikan misalnya, merokok dan penyalahgunaan zat.

2. Kesehatan Mental

Hal ini melibatkan kesejahteraan pikiran dan emosional. Kesehataan mental yang baik mencakup kemampuan untuk mengatasi stress ,mengelola emosi, memiliki persepsi yang positif terhadap diri sendiri dan orang lain, serta memiliki kemampuan berfikir yang jernih dan rasional.

3. Kesehatan Emosional.

Hal ini berkaitan mengenai bagaimana anda mengelola emosi anda dan berinteraksi mengenai bagaimana perasaan anda sendiri serta perasaan orang lain. Hal ini melibatkan pengenalaan dan ekspresi yang sehat terhadap emosi, serta kemampuan untuk mengatasi tantangan emosional .

4. Kesehatan Sosial .

Suatu hubungan sosial yang positif dan bermanfaat dengan orang lain. Interaksi sosial yang sehat dapat meningkatkan perasaan keterhubungan, dukungan sosial, dan perasaan inklusi.

5. Kesehataan Lingkungan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline