Lihat ke Halaman Asli

Umi Kholifah

Mahasiswa

UNNES GIAT 5 Kebonrejo Wujudkan Keadilan Sosial Melalui Pelatihan Konten Digital bersama Pemuda

Diperbarui: 15 Agustus 2023   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UNNES GIAT 5 Kebonrejo

Saat ini kita sedang berada di era digital, dimana semua orang dapat terhubung dengan mudah dan cepat melalui jaringan internet. Dampak dari era digital ini adalah kemudahan mengakses konten - konten digital yang ada di berbagai platform seperti sosial media. 

Konten digital sendiri didefinisikan sebagai segala informasi yang tersedia secara online baik berupa teks, foto, video, infografis, podcast, dsb. Kita dapat dengan mudah menemukan konten digital ini di berbagai platform sosial media seperti facebook, twitter, dan instagram. 

Sekarang ini, sosial media bukan hanya sebagai media untuk mengekspresikan diri untuk orang - orang tetapi juga dapat menjadi platform yang bermanfaat. Bahkan hampir semua instansi dan lembaga memiliki akun sosial media seperti instagram guna membagikan kegiatan dan informasi - informasi yang berhubungan dengan instansi tersebut. Sehingga seseorang dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang instansi terkait.

Mengingat pentingnya media sosial untuk sebuah instansi, mahasiswa UNNES GIAT 5 Kebonrejo mengadakan pelatihan pengembangan instagram desa untuk pemuda di Desa Kebonrejo. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2023 kemarin yang berlokasi di Aula Balai Desa Kebonrejo. 

Dalam kegiatan ini, para pemuda diberi pelatihan tentang bagaimana mengelola instagram desa. Mahasiswa Unnes Giat 5 Kebonrejo membagikan berbagai tips agar akun instagram desa terlihat profesional, mulai dari pemilihan username yang baik, mendaftar sebagai akun bisnis, hingga pemberian tagar. 

Tak hanya itu, pelatihan ini juga mengajarkan bagaimana mengelola feed instagram agar terlihat lebih menarik. Serta bagaimana membuat infografis yang baik. 

Pemuda dikenalkan dengan Canva, yang merupakan sebuah aplikasi/platform editing online. Tak seperti platform editing lain yang terkenal rumit dan sulit digunakan oleh orang awam, Canva menyediakan banyak template yang dapat dengan mudah digunakan dan diubah oleh penggunannya. 

Melalui pengenalan Canva ini diharapkan pemuda Desa Kebonrejo dapat membuat infografis mengenai kegiatan ataupun hal - hal yang berkaitan dengan Desa Kebonrejo yang nantinya dapat diunggah di akun instagram desa. 

Selain sebagai platform untuk membagikan kegiatan, akun instagram desa ini juga dapat digunakan untuk mengenalkan dan mempromosikan UMKM Desa Kebonrejo seperti pembibitan yang merupakan produk unggulan masyarakat desa.

Tim GIAT 5 Desa Kebonrejo berharap pelatihan konten digital ini dapat bermanfaat dan diterapkan dalam pengelolaan akun instagram desa. Sehingga Desa Kebonrejo menjadi desa yang maju dan mampu mengikuti era digital ini. 

(Tim UNNES GIAT 5 Desa Kebonrejo)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline