Lihat ke Halaman Asli

UMI KHILDA HASANAH

Mahasiswa Prodi Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Secuplik Deskripsi Kampus Mengajar Angkatan 5 di SDN 2 Buntet

Diperbarui: 29 Desember 2023   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kampus mengajar merupakan bagian dari program kampus merdeka dengan menempatkan mahasiswa-mahasiswa untuk turut andil membantu proses belajar mengajar di sekolah yang ada di seluruh Indonesia. 

Semua sekolah yang menjadi sasaran kampus mengajar telah ditetapkan sebelumnya oleh Kemendikbud. Salah satu sekolah sasaran Kampus Mengajar 5 yaitu SDN 2 Buntet. SDN 2 Buntet beralamat di Jl. K.H. Wahid Hasyim Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kab. Cirebon, provinsi Jawa Barat. 

Adapun Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di SDN 2 Buntet yaitu bapak Surono, S.E., M.Si. yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Cirebon. Mahasiswa yang ditempatkan di SDN 2 Buntet berasal dari kampus yang beragam. Salah satunya yaitu Umi Khilda Hasanah yang berasal dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kampus Tasikmalaya. 

Kampus Mengajar angkatan 5 ini dilaksanakan kurang lebih 4 bulan (satu semester) lamanya, mulai dari tanggal 20 Februari - 16 Juni 2023. 

Dari pihak kampus mengajar menuggu para mahasiswanya yang udah terbagi kedalam kelompok untuk membuat program kerja. Program kerja tersebut sebelum dilaksanakan, harus didiskusikan bersama dengan DPL dan juga pihak sekolah dalam kegiatan FKKS (Forum Komunikasi dan Koordinasi Sekolah) agar membuahkan rancangan program kerja yang dapat memberikan dampak untuk sekolah dan diketahui serta disetujui oleh pihak sekolah. 

Berikut program kerja yang telah dilaksanakan yaitu:

1. Administrasi Sekolah 

a. Membantu guru dalam mengoreksi tugas.

b. Membantu guru dalam kegiatan PTS & PAT.

c. Membantu guru dalam merapikan ruang kelas. 

d. Membantu guru dalam mengawas Pra US dan Ujian Praktek kelas 6.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline