Latar belakang
Latar belakang penelitian ini adalah ketika penulis menemukan permasalahan dalam pembelajaran kelas 5 tema 5 sub tema 1 pada SDN kedunguter 01 TP 2020/ 2021 yaitu pada awal pra siklus siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya sebagaian saja bahkan di bawah rata rata kelas.Dari 18 Siswa hanya 5 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal ( KKM) dan 13 Siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) di kelas 5 SDN kedunguter 01 TP 2020/2021.Berdasarkan hasil rapat dewan guru di awal semester bahwa kkm yang di tetapkan untuk kelas 5 sdn kedunguter 01 adalah 75.untuk itu berdasarkan permasalahan terhadap hasil belajar siswa SDN kedunguter 01 khususnya kelas 5 perlu diadakan penelitian tindakan kelas.
Rumusan Masalah
Setelah mengetahui permasalah yang terjadi dari pembelajaran yang penulis lakukan maka bisa dijadikan rumusan masalah sebagai berikut
1. "Apakah Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestethic dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 5 subtema 1 di kelas V SDN Kedunguter 01 kecamatan Brebes kabupaten Brebes ?"
2. "Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestethic untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tema 5 subtema 1 di kelas V SDN Kedunguter 01 kecamatan Brebes kabupaten Brebes?"
Tujuan Penelitian
Tujuan yang penulis harapkan dari kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk :
Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tema 5 subtema 1 Kelas V SD Negeri Kedunguter 01 Kec.Brebes Kab.Brebes dengan menggunakan media kongkrit serta model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic
Meningkatkan keterampilan guru pada materi Tema 5 subtema 1 kelas V SD Negeri Kedunguter 01 dalam pemanfaatan model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic .
Manfaat penelitian