BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Literasi merupakan keterampilan utama yang harus dikuasai oleh murid, terutama membaca. Dengan membaca diharapkan murid dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga dapat menambah kosa kata yang dimiliki. Membaca merupakan suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis (Haerunnisa, 2015:1). Semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan. Oleh karena itu, membaca sangatlah penting dilakukan oleh seorang murid dan itu merupakan suatu keharusan bagi mereka.
Kegiatan membaca akan bermakna jika murid mempunyai minat untuk membaca. Perkembangan minat baca dan kemampuan membaca murid masih sangat rendah. Hal ini disebabkan metode yang diberikan pada umumnya kurang menarik bahkan tidak menyenangkan. Sebagain besar metode yang digunakan hanya berorientasi pada hasil bukan pada proses. Rendahnya minat baca murid menjadikan kebiasaan membaca murid rendah, sehingga mereka belum lancar membaca dan belum dapat memahami isi bacaan. Minat Baca adalah keinginan atau kecenderungan hati yang tinggi (gairah) untuk membaca (Siregar, 2014 dalam Nyoman, 2017:11). Agar membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menjadi kegemaran. Seorang guru harus mampu berinovasi sehingga kegiatan pembelajaran tidak membosankan.
Berdasarkan fakta masih banyak murid-murid yang belum lancar membaca dan memahami isi bacaan. Seperti halnya di SMP Negeri 3 Losari ada beberapa murid yang belum lancar membaca dan memahami isi bacaan sehingga kemampuan literasi mereka sangat rendah. Apalagi setelah pandemi sangat terasa sekali dampaknya bagi murid. Di samping itu murid-murid juga belum dapat memanfaatkan fasilitas dari perpustakaan. Hal inilah yang mendorong penulis untuk membuat program Area teks di dalam kelas.
Area teks membaca merupakan tempat membaca yang ada di dalam kelas, dibuat oleh murid sendiri dengan mengembangkan ide dan daya imajinasinya secara bebas berkaitan dengan mata pelajaran. Dengan adanya literasi yang diterapkan di sekolah berupa area teks membaca diharapkan dapat meningkatkan minat baca murid sehingga kemampuan mereka dalam memahami informasi juga meningkat, murid akan lebih fokus, menambah perbendaharaan kosa kata, mendapatkan wawasan dan pengetahuan dari karya yang dibaca, serta mengembangkan sikap mandiri serta percaya pada diri murid.
Tujuan
Program literasi yang diterapkan di sekolah berupa area teks membaca bertujuan untuk: 1) Murid dapat berinovasi dalam membuat karya yang akan dijadikan area teks membaca. 2) Meningkatkan minat baca murid agar mempunyai kemampuan memahami isi bacaan. 3) Menumbuhkan sikap mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 4) Menciptakan budaya literasi di sekolah.
Hasil yang Diharapkan
Indikator ketercapaian yang diharapkan dari program area teks membaca yaitu 98% murid bisa membaca dengan lancar dan dapat memahami isi atau informasi dari teks. Selain itu murid juga mempunyai wawasan dan pengetahuan baru dari berbagai materi mata pelajaran di area teks membaca yang nantinya dapat mempersiapkan mereka menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.