Lihat ke Halaman Asli

Asyiknya TTM (Tepuk-Tepuk Materi) melalui PENSI (Pembelajaran Berdiferensiasi)

Diperbarui: 8 Desember 2024   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

SMP Negeri 3 Losari merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang berada di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes yang memiliki 30 rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 996 orang. Pada tahun pelajaran 2022/2023 SMP Negeri 3 Losari mulai mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Salah satu pembelajaran yang diterapkan dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berdifrensiasi.

Menurut Tomlinson (1999:14 dalam Oscarina) pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha pendidik untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas dalam memenuhi kebutuhan belajar individu siswa. Dengan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di kelas diharapkan pendidik dapat merespon kebutuhan belajar siswa, menciptakan lingkungan belajar yang mengundang siswa untuk belajar dan bekerja keras, menciptakan manajemen kelas yang efektif dan melakukan penilaian berkelanjutan.

Dari pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang menekankan pada upaya untuk memenuhi kebutuhan individu siswa dengan cara yang berbeda, sesuai dengan tingkat kemampuan, minat, gaya belajar, dan kebutuhan siswa. Dengan adanya pembelajaran berdiferensiasi siswa dapat memiliki pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik mereka, sehingga dapat mencapai potensi secara maksimal.

  

BAB II

ISI

 

Situasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline