Lihat ke Halaman Asli

Umi Arifah

Mahasiswa

Langkah Tepat UMKM Pasca Covid-19, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Melakukan Sosialisasi mengenai Digital Branding pada Pelaku UMKM di Kelurahan Cabean

Diperbarui: 13 Agustus 2022   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri 

Cabean (28/7) - UMKM kini merupakan pilar penting bagi perekonomian Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai degan 8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM terhadap pereknomian Indonesia mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimun sampai 60,4% dari total investasi. Walaupun jumlah UMKM di Indonesia data dikatakan tinggi, tetapi UMKM juga tidak terlepas dari tantangan yang ada. Tantangan UMKM salah satunya dialami oleh UMKM yang berada di Kelurahan Cabean, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Survey yang telah dilakukan di Kelurahan Cabean, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang terhadap para pelaku UMKM menunjukkan bahwa beberapa UMKM yang dapat dianggap belum mengikuti perkembangan zaman, sehingga cukup sulit untuk dapat bersaing dengan UMKM lainnya. Oleh karenanya, salah satu hal penting untuk menjawab tantangan tersebut yaitu melalui digital branding. Digital banding adalah sebuah proses membangun dan membingkai brand secara online, seperti dengan menggunakan social media maupun aplikasi online.

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021/2022 melakukan sosialisasi mengenai strategi digital branding pada para pelaku UMKM di Kelurahan Cabean disertai dengan booklet. Respon dari pelaku UMKM terhadap kegiatan ini sangat baik dan senang akan informasi yang telah disampaikan, dimana menurut mereka informasi tersebut penting dan membantu mereka dalam mengembangkan UMKM. Tidak hanya sosialisasi, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021/2022 juga turut membantu para pelaku UMKM dalam menerapkan digital branding.

Kegiatan sosialisasi mengenai digital branding ini dilakukan dengan harapan pelaku UMKM di Kelurahan Cabean tersebut dapat lebih memahami terkait digital branding dan dapat menerapkannya, sehingga UMKM mereka dapat dikenal oleh masyarakat menyesuaikan era komunikasi secara online seperti saat ini. Pentingnya peran digital branding dalam kemajuan UMKM tidak dapat untuk dilewatkan. Oleh karenanya, diperlukan pemahaman yang baik terkait strategi digital branding terhadap UMKM di Kelurahan Cabean, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Penulis                          : Umi 'Arifah

Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Suroto, M.Kes

Lokasi KKN                  : RW 02 Kelurahan Cabean, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline