Lihat ke Halaman Asli

Umi Maisah

Mahasiswa

5 Cara Mengatasi Kesulitan Tidur

Diperbarui: 8 Desember 2023   19:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tidur yang cukup dan tepat waktu harus di perhatikan dan merupakan kebutuhan bagi manusia yang sangat penting. Tetapi banyak orang yang mengalamai kesulitan tidur tepat waktu yang bisa mempengaruhi kesehatan bagi tubuh tentunya hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi lemas,mual,serta kepala pusing. Tidak perlu khawatir, kamu dapat meninggalkan kebiasaan insomnia dan tidur tepat waktu dengan menggunakan 4 cara ini :

1. Atur jadwal tidur

Bagi kamu yang memiliki jam tidur berantakan, ini bisa menjadi kebiasaan bagi kmu untuk melalukan begadang, pada umum nya kamu harus memiliki waktu jam tidur selama 7-9 jam setiap harinya Di lansir dari www.gramedia.com

Untuk itu, maka mulai lah dari sekarang untuk mengatur waktu tidur yang tepat, misalnya dari jam 9 malam sampai jam 6 pagi, sebelum tidur kamu biasakan untuk mencari posisi tidur yang nyaman, jadinya tubuh bisa rileks dan kamu bisa cepat tidur.

2. Hindari melihat jam

Biasanya hal ini juga mengakibatkan kesulitan tidur, karna melihat waktu yang terus berputar sehingga kita merasakan kesulitan, semakin kita melihat waktu maka otak akan terus berfikir dan akhirnya kita merasakan kecemasan dan overthinking.

Jadi biasakan diri kamu jika sudah ingin beristirahat tidak lagi melihat jam di malam hari.

3. Kurangi mengonsumsi kafein

Minuman yang berkafein biasanya berasal dari kopi, soda,coklat dll, minuman tersebut bisa melawan rasa lelah dan ngantuk, banyak orang yang mengonsumsi kafein sehingga hal ini yang menjadi salah satu faktor kesulitan tidur. Jika mengonsumsi minuman ini dengan sering maka akan berpengaruh ke kualitas istirahat kita, untuk itu hindari mengonsumsi kafein, minimal 6 jam sebelum kamu tidur.

4. Kurangi penggunaan handphone

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline