Lihat ke Halaman Asli

UMD 198Karanganyar

Universitas Jember

Sukses! Mahasiswa KKN UMD UNEJ Kelompok 198 Berhasil Melakukan Pelatihan POP di Desa Karanganyar

Diperbarui: 23 Agustus 2023   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi oleh KKN UMD 198 UNEJ

Lumajang (13/08/2023) Mahasiswa KKN UMD UNEJ 198 melakukan pelatihan pembuatan POP (Pupuk Organik Padat). Pelatihan POP merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yakni sosialisasi mengenai pengelolaan sampah. Pelatihan POP dilaksanakan di Balai Dusun Desa Karanganyar yang dimulai pukul 08.00-12.00 WIB. Pelatihan POP Ini di hadiri oleh Gapoktan dan dua kelompok tani yakni kelompok tani Tegal Rejo dan kelompok tani Rukun Sentosa. 

Dokumentasi oleh KKN UMD 198 UNEJ

Pelatihan POP ini bertujuan untuk memberi edukasi dan pengetahuan kepada seluruh anggota Kelompok Tani terkait dengan proses pembuatan POP atau Pupuk Organik Padat. Bahan utama yang digunakan dalam proses pembuatan POP ini adalah kotoran sapi yang sudah kering atau yang sudah berbentuk seperti tanah. "Loh bahan pembuatane POP gak butuh sekam ? (loh bahan pembuatan POP tidak butuh sekam)" tanya salah satu warga. " Jadi dalam proses pembuatan POP ini tidak membutuhkan sekam, karna kita menggunakan bahan-bahan sederhana dan sudah tersedia di Karanganyar apalagi kotoran sapi di daerah makam dan Utara balai desa jadi bisa dimanfaatkan jadi Pupuk kandang" Ujar Bapak Kushariyadi. 

Dokumentasi oleh KKN UMD 198 UNEJ

Dokumentasi oleh KKN UMD 198 UNEJ

Proses pembuatan POP juga dibantu langsung oleh beberapa warga dan para anggota kelompok tani seperti membantu meratakan kotoran sapi di atas terpal, mencampurkan EM4 dengan air dan juga tetes tebu, membantu menyiram kotoran sapi dengan campuran EM4 tersebut dan membantu memasukkan kotoran sapi kedalam bekas karung beras. 

Selain adanya pelatihan mengenai POP, pertemuan di Balai Dusun juga membahas mengenai pembentukan Kelompok. Pembentukan kelompok ini bertujuan untuk mengkoordinir tentang pembuatan POP. Kelompok ini dibina langsung oleh Kepala Desa, selain itu juga terdapat ketua, sekretaris, bendahara, divisi pengelolaan, divisi logistik dan anggota yang merupakan gabungan dari dua Poktan yang ada di Desa Karanganyar. 

Divisi pengelolaan bertugas untuk mengelola kotoran sapi menjadi Pupuk Kandang, sedangkan divisi logistik ini memiliki tugas untuk mengangkut kotoran sapi dari TPU ( Tempat Pemakaman Umum) Desa Karanganyar dan juga dari Utara Balai Desa yang merupakan tempat dari pembuangan limbah kotoran sapi. Berdasarkan kesepakatan Warga dan dua Kelompok Tani kedua divisi tersebut akan dilakukan secara bersama-sama sedangkan untuk proses pembuatan POP telah disepakati akan dilakukan di Rumah Bapak Kushariyadi selaku ketua Gapoktan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline