Lihat ke Halaman Asli

UM Bandung

Universitas Muhammadiyah Bandung

Inilah Cerita Mahasiswa UM Bandung yang Berhasil Raih Juara Dua Lomba Esai

Diperbarui: 27 Mei 2024   14:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi UM Bandung.

Bandung - Mahasiswa prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung, Aulia Zakiyah Almardiyah, berhasil meraih juara dua dalam Lomba Esai Nasional S1: Psychopora UMS 2024 yang diselenggarakan dalam rangka Milad Fakultas Psikologi UMS. Esai karya Aulia itu berjudul "My Life My Film Series: Sebuah Strategi Pencarian Identitas Diri."

Aulia merasa bersyukur dan sangat bahagia atas pencapaian ini, terutama karena ini merupakan kali pertama ia mengikuti lomba esai. Ini merupakan pertama kali ikut lomba esai alhamdulillah bisa membawa nama baik UM Bandung dalam skala nasional," ujarnya di UM Bandung pada Senin (27/05/2024).

Meskipun persiapan yang dilakukan relatif singkat, Aulia tidak mengalami kesulitan berarti dalam penulisan esai. Hal ini karena ia mampu mengatur waktu dengan baik di tengah berbagai kegiatan perkuliahan dan aktivitas kampus yang padat.

Terbiasa dengan dunia literasi, Aulia selalu membaca berbagai bahan bacaan dan referensi. Tidak hanya yang terkait dengan program studi Psikologi di UM Bandung, tetapi dari berbagai disiplin ilmu lainnya. Ia juga aktif menulis artikel populer di portal online.

Sebetulnya, selama memahami redaksi dan struktur teknik penulisan, kata Aulia, setiap orang akan bisa membuat karya tulis yang otentik, termasuk karya tulis esai. 

Untuk menghasilkan esai ilmiah yang berkualitas, Aulia memadukan konsep dari pengalaman pribadi dengan ide kreatif serta teori yang relevan. Esainya menarik dibaca karena menyajikan informasi yang baik dengan penggunaan bahasa baku yang mudah dipahami.

"Gaya bahasa tulisan aku terkesan baku dan ilmiah. Buku-buku yang aku baca juga dominan bertema self improvement, sejarah, atau novel Tere Liye dengan gaya bahasanya yang baku dan formal, juga mempengaruhi gaya tulisan aku," ungkap mahasiswa UM Bandung angkatan 2021 asal Majalengka ini.

Sementara itu, Ketua Program Studi Psikologi UM Bandung, Riyanda Utari, turut bangga dan mengapresiasi prestasi yang dicapai oleh Aulia. Menurut Riyanda, prestasi ini merupakan bukti nyata dari dedikasi, kerja keras, dan semangat juang yang tinggi dalam mengembangkan kemampuan akademis dan intelektual.

Riyanda menegaskan bahwa keberhasilan ini tidak hanya mengharumkan nama pribadi Aulia. Namun, juga membawa kebanggaan tersendiri bagi seluruh sivitas akademika program studi Psikologi UM Bandung.

"Kami berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan berkarya. Teruslah berinovasi dan memberikan kontribusi positif serta jangan pernah berhenti belajar dan mengembangkan diri. Sekali lagi selamat atas pencapaian yang luar biasa ini," kata Riyanda.***(FA)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline