Lihat ke Halaman Asli

UM Bandung

Universitas Muhammadiyah Bandung

Kriya Tekstil dan Fashion UM Bandung Gelar Pameran Ruparaksa 2023

Diperbarui: 26 Juli 2023   17:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Promosi dan PMB UM Bandung.***

Bandung --- Program studi dan mahasiswa Kriya dan Tekstil Fashion (KTF) UM Bandung sukses menggelar Ruparaksa Exhibition 2023 di Selasar Gagas lantai 1 UM Bandung dari Selasa-Rabu (25-26/07/2023).

Ruparaksa merupakan sebuah pameran seni rupa yang menggabungkan unsur, elemen, dan prinsip keindahan rupa atau visual dengan keahlian Kriya Tekstil dan Fashion UM Bandung.

Kegiatan yang digelar dari pagi hingga sore ini berlangsung meriah. Pameran Ruparaksa menampilkan berbagai karya tugas tingkat dasar mahasiswa KTF semester satu dan dua dengan mata kuliah nirmana dwimatra, nirmana trimatra, dan gambar bentuk.

Apresiasi nilai estetika

Ruparaksa berasal dari dua kata, yakni "rupa" dan "raksa". Rupa memiliki arti "tampak", sedangkan "raksa" berarti "menjaga".

"Pameran Ruparaksa ini mengandung arti menjaga karya seni agar tetap lestari atau tidak punah," ujar ketua pelaksana pameran Ruparaksa 2023 Sindia Satya.

Pameran Ruparaksa bertujuan untuk mengeksplorasi dan menghargai nilai estetika di balik karya-karya kreatif dari para mahasiswa KTF UM Bandung. 

"Saat ini memang masyarakat kurang peduli terhadap seni. Jadi, pameran ini menjadi bukti bahwa seni itu enggak seburuk pandangan orang dan bisa kita nikmati," jelas Sindia.

Dokumentasi Promosi dan PMB UM Bandung.***

Sindia menjelaskan bahwa ada 159 karya, baik nirmana dwimatra, nirmana trimatra, maupun gambar bentuk hasil karya mahasiswa KTF yang dipamerkan dalam kegiatan ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline