New media atau yang sering disebut sebagai media baru, adalah istilah yang digunakan secara luas untuk merujuk pada proses penyaluran informasi melalui teknologi digital. Sementara itu dahulu informasi hanya dapat diakses melalui koran atau majalah, kini kemungkinan untuk menyampaikan dan mengakses informasi telah berkembang melalui perangkat komunikasi yang terkoneksi dengan internet.
Media baru muncul seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat dan sering digunakan oleh manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin tidak disadari oleh banyak orang, tetapi new media telah memberikan banyak keuntungan. Menurut Hidajanto Djamal dan Andi Fachruddin dalam buku "Dasar-dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi" (2015), media baru telah mempermudah dan mempercepat proses pencarian informasi. Keunggulan ini memudahkan manusia dalam menemukan dan mendapatkan apa yang mereka butuhkan, termasuk informasi.
Pengertian New Media
Merujuk pada karya "Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing" (2021) yang disusun oleh Rahmanita Ginting dan rekannya, new media dapat didefinisikan sebagai jenis media yang memanfaatkan teknologi internet dalam bentuk online, memiliki sifat yang fleksibel, memiliki potensi untuk interaksi, dan dapat beroperasi baik secara privat maupun publik.
Dalam konteks ini, secara literal, "new" berarti baru, sementara "media" mengacu pada alat yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan kepada komunikan. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa new media adalah alat komunikasi baru yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan kepada komunikan.
Secara harfiah, istilah "new" diartikan sebagai sesuatu yang baru, sementara "media" merujuk pada alat yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan kepada komunikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa new media adalah alat baru yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan kepada komunikan dengan memanfaatkan internet dan teknologi online, memiliki sifat fleksibel, dan dapat berfungsi baik dalam lingkup pribadi maupun publik.
Konsep New Media
Konsep new media mencakup evolusi bentuk-bentuk media melalui kemajuan teknologi digital, termasuk internet, media sosial, podcast, dan streaming video. Perubahan paradigma komunikasi, partisipasi aktif pengguna, konvergensi media, dan akses mudah terhadap informasi menjadi konsep kunci terkait new media.
Media baru sering diidentifikasi dengan sifat interaktif, fleksibilitas, dan kemampuan memfasilitasi keterlibatan serta kolaborasi dalam skala besar. Pada tingkat konsumen, kaum muda menunjukkan minat besar pada kemudahan akses informasi melalui internet dan smartphone, mencari informasi pilihan tanpa harus menunggu jadwal siaran berita di televisi. Platform digital seperti blog, portal berita online, media sosial, dan aplikasi seperti Facebook, YouTube, serta podcast menjadi sarana populer di kalangan mereka, mencerminkan pergeseran perilaku konsumsi informasi dari media tradisional ke media digital yang menawarkan kebebasan dan fleksibilitas.
Fungsi dan Manfaat New Media
- Informatif
Fungsi utama media adalah mengirim dan berbagi informasi kepada khalayak massa, memberikan fakta dan opini otentik serta tepat waktu mengenai peristiwa dan situasi. Media menyampaikan informasi melalui berita di radio, TV, dan kolom surat kabar atau majalah, yang bisa bersifat beropini, obyektif, subyektif, primer, dan sekunder.
- Pendidikan
Media memberikan pendidikan dan informasi melalui berbagai bentuk konten, termasuk program pendidikan jarak jauh dan program hiburan seperti drama, dokumenter, dan wawancara. Di negara berkembang, media massa efektif sebagai alat penyadaran massa.
- Hiburan
Media berfungsi sebagai hiburan, menyediakan cerita, film, serial, dan komik melalui berbagai platform seperti koran, majalah, radio, televisi, dan media online. Ini menciptakan waktu rekreasi dan hiburan bagi penonton.
- Sosialisasi
Dalam proses sosialisasi, mentransmisikan budaya dan membantu membentuk perilaku, sikap, dan keyakinan masyarakat. Ini membantu individu belajar bagaimana menjadi anggota masyarakat atau manusia dalam masyarakat mereka.
- Pengawasan
Fungsi pengawasan media adalah mengamati masyarakat secara dekat, memberikan peringatan tentang potensi ancaman, dan memberikan informasi tentang perbuatan tercela kepada pihak berwenang untuk mencegah malpraktek di masyarakat.
Peluang Karir di Bidang New Media
- Spesialis Media Sosial
Seorang spesialis media sosial ahli dalam mewakili perusahaan atau merek di ranah publik melalui berbagai platform media sosial. Tugas mereka melibatkan pembuatan dan penyebaran konten serta interaksi dengan pelanggan.
- Editor
Editor memiliki tugas meninjau, mengoreksi, dan meningkatkan konten di berbagai format penerbitan, terutama yang disampaikan secara digital. Mereka juga mengawasi penulis dan bekerja sama untuk meningkatkan kualitas tulisan.
- Hubungan Masyarakat
Spesialis hubungan masyarakat membantu menjaga dan meningkatkan reputasi serta citra publik perusahaan. Biasanya, mereka bekerja sama dengan media langsung dan dapat bertanggung jawab atas berbagai aspek komunikasi perusahaan, termasuk pidato pimpinan perusahaan.
- Desainer Grafis
Desainer grafis bertanggung jawab membuat gambar visual menggunakan perangkat lunak komputer untuk memasarkan produk. Mereka bekerja dengan gambar dan teks, memastikan efektivitas komunikasi melalui berbagai media, seperti situs web, brosur, majalah, atau iklan.
- Fotografer
Fotografer, sebagai contoh profesi yang beradaptasi dari media tradisional ke media baru, menggunakan kamera digital dan perangkat lunak komputer.