Lihat ke Halaman Asli

umar faruk zakaria

Universitas Muhammadiyah Surabaya

Perkembangan E-Commerce dari Masa ke Masa

Diperbarui: 24 Oktober 2022   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahwa perkembangan dunia digital disaat ini sangatlah pesat, terlebih lagi kemajuan di tiap tahunnya tidak dapat dihindarkan dari dunia online. Tentang ini sangat mempengaruhi seluruh, sektor termasuk dunia usaha dan sektor ekonomi. Salah satunya sektor usaha yang berbasis digital adalah e- commerce.

Kata e- commerce sejatinya berasal dari bahasa Inggris, yaitu electronic commerce atau perdagangan elektronik. Serta sebagaimana perdagangan yang dilakukan secara langsung maupun face to face, e- commerce juga meliputi proses promosi, pembelian, dan pemasaran produk. Yang berbeda hanyalah pada pada sistem yang digunakan, yaitu melalui media elektronik maupun internet. Di dalam suatu perdagangan e- comerce, seluruh proses mulai dari proses pemesanan produk, pertukaran data, hingga transfer dana dilakukan secara elektronik.

E- commerce bisa dibilang merupakan sebuah layanan internet yang berperan selaku proses jual beli sesuatu produk. Bila biasanya proses jual beli dicoba secara offline baik di pasar, toko, ataupun warung, serta berjumpa secara langsung, saat ini dengan kemajuan era, proses jual beli dicoba secara online, di mana penjual serta pembeli tidak butuh repot-repot wajib berjumpa satu sama lain, namun senantiasa dapat melakukan transaksi lewat layanan internet ataupun komunikasi melalui telepon. Perihal ini membuat zona usaha yang mau bersaing di ekonomi digital wajib berpikir kreatif gimana triknya supaya produk mereka senantiasa laris di pasaran serta diketahui di dunia digital.

Bisnis e- commerce di Indonesia juga terus menjadi bertambah tajam dengan terdapatnya pandemi semenjak dini tahun 2020. Bisnis dagang berbasis online ini berkembang dekat 33 persen di tahun 2020 dengan nilai yang fantastis, dari yang di kisaran Rp 253 triliun menanjak pesat jadi di kisaran Rp 337 triliun. Laporan spesial yang sempat dirilis Google, Temasek, serta Bain Company pada Oktober 2020 melaporkan waktu yang disediakan orang buat masuk ke platform e- commerce bertambah, dari yang mulanya cuma 3, 7 jam/ hari naik jadi 4, 7 jam/ hari dikala terjalin lockdown serta menyusut jadi 4, 2 jam/ hari sehabis lockdown berakhir. Dari statment Google serta yang lain, Bank Indonesia berani memproyeksikan transaksi e- commerce hendak menghadapi peningkatan tiap tahunnya sepanjang masa masa pandemi belum berakhir.

Meningkatnya jumlah transaksi digital melalui e- commerce pula tidak lepas dari kedudukan pemerintah yang turut mendesak dunia digital ke warga, serta terus mengakselarasi pertumbuhan digital banking.

Dengan pertumbuhan dikala ini, banyak plus minus yang wajib kita tahu, terlebih dengan bermunculannya toko online yang jumlahnya dapat ribuan, apalagi jutaan. Kita wajib senantiasa waspada dengan dunia digital, sebab banyak pihak yang menggunakan serta mengambil keuntungan individu lewat penipuan. Dini mula timbulnya toko online fiktif dekat tahun 2010-2011 lewat web ataupun media sosial. Mereka memakai modus penipuan memohon transfer 50% di dini serta berjanji hendak mengirimkan produk yang dipesan konsumen. Kemudian keesokan harinya si penipu memohon pelunasan penjualan produknya sebesar 50% dengan alibi terkendala di bea cukai ataupun administrasi serta berjanji hendak lekas mengirimkan produknya. Tetapi sehabis pelunasan produk terjalin, si penipu langsung menonaktifkan no ponsel yang dipakai buat bertransaksi dengan pembeli. Banyaknya permasalahan yang terlapor semacam ini membuat pemerintah menghasilkan ketentuan menimpa toko online. Tetapi tidak seluruh toko online jahat semacam itu, banyak pula toko online yang memanglah benar-benar bernazar buat berjualan benda secara jujur, kitalah yang wajib lebih berhati-hati dalam berperan sebab peluang terjalin terdapatnya kelengahan dari pihak kita.

Pertumbuhan dunia e- commerce di Indonesia pastinya diakibatkan oleh sebagian aspek yang mendasari perkembangannya secara signifikan, semacam pesatnya perkembangan penduduk, hingga berkembangnya dunia teknologi di masa digital. Nah, terdapat sebagian aspek yang pengaruhi perkembangan e- commerce di Indonesia, semacam:

Meningkatnya Perkembangan Penduduk

Meningkatnya perkembangan penduduk jadi aspek terbanyak pengguna e- commerce di Indonesia pada dikala ini. Perihal ini pastinya sangat pengaruhi pergantian kegiatan belanja offline jadi online di e- commerce.

Meningkatnya Pengguna Smartphone

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline