Lihat ke Halaman Asli

Permintaan & Penawaran dalam Perspektif Ekonomi Islam

Diperbarui: 18 September 2023   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Judul jurnal: Teori permintaan dan penawaran dalam ekonomi Islam

Volume II, no.3  Oktober 2017

Resume: M.Safaruddin Asri

PENDAHULUAN

 Dalam studi ekonomi mikro, perhatian tertuju pada perilaku individu dalam pengambilan keputusan ekonomi yang dapat memengaruhi harga di pasar. Dasar dari mekanisme pasar adalah interaksi antara permintaan (demand) dan penawaran (supply). Tetapi dalam pandangan ekonomi Islam, meskipun ada kesamaan dengan ekonomi konvensional, terdapat pembatasan-pembatasan berdasarkan hukum Islam untuk memastikan bahwa perilaku sesuai dengan syariah.

Pandangan ekonomi Islam menitikberatkan pada norma dan moral Islam sebagai prinsip yang membimbing tindakan ekonomi individu dan masyarakat. Ini mengakibatkan perbedaan dalam teori permintaan dan penawaran jika dibandingkan dengan ekonomi konvensional.

LANDASAN TEORI

Pengertian Permintaan

     Permintaanmengacu pada jumlah barang yang dibutuhkan dan dapat dibeli oleh pembeli di suatu pasar pada tingkat harga dan pendapatan tertentu. Prinsip dasar dalam ekonomi adalah Hukum Permintaan, yang menyatakan bahwa ketika harga suatu barang naik, jumlah permintaan untuk barang tersebut akan turun, dan sebaliknya, jika harga suatu barang turun, jumlah permintaan akan meningkat. Ini mengindikasikan adanya hubungan terbalik antara harga dan jumlah permintaan barang.

Hukum Permintaan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline