Lihat ke Halaman Asli

Ulvatu Rizqa

Ulvatu Rizqa Ilmawati

Inovasi Produk Digital Marketing UMKM Jajanan Molen di Era Pandemi Covid-19

Diperbarui: 26 September 2021   22:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi Produk Digital Marketing Umkm Jajanan Molen Di Era Pandemi Covid-19 Di Desa Plampangrejo

Oleh : Ulvatu Rizqa Ilmawati

Kelompok 1

DPL : Edy Hariyadi S.S., M.Si. 

Pandemi Covid19 saat ini telah banyak memakan korban tidak hanya yang terpapar virus covid19 namun untuk semua kalangan yang terdampak. Salah satu dampak covid19 adalah dalam bidang perekonomian. Masyarakat yang mencari nafkah dengan kegiatan ekonomi salah satunya yaitu pelaku UMKM. Pelaku UMKM sangat mengalami dampak yang besar karena adanya pandemi Covid19 ini. Dampaknya yaitu pada penghasilan yang merosot. Tidak banyak produk yang harusnya terjual habis karena adanya pandemi ini. Oleh karena itu, dengan diadakan kegiatan KKN Back To Village 3 Universitas Jember ini bermaksud untuk membantu pelaku UMKM yang terdampak Covid19 dalam pemasaran produknya dengan memperluas strategi pemasaran.

            UMKM ialah sesuatu wujud aktivitas bisnis yang mana bergerak di bidang bermacam usaha yang langsung berhubungan ataupun menyentuh dengan kepentingan warga. Aktivitas UKM ini ialah suatu wujud usaha yang mempunyai kedudukan berarti dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia. UMKM berfungsi aktif dalam pengembangan kemampuan desa. Dalam KBBI dinyatakan kalau UMKM merupakan suatu kemampuan yang dipunyai tiap desa yang bisa dibesarkan. Sebaliknya kemampuan desa merupakan energi, kekuatan, kesanggupan dan keahlian yang dipunyai oleh sesuatu desa yang memiliki mungkin buat dapat dibesarkan dalam rangka tingkatkan kesejahteraan warga desa dalam sektor tingkatkan perekonomian( Soleh, 2017). Serta tujuan dari UMKM sendiri merupakan buat meningkatkan serta meningkatkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional bersumber pada demokrasi ekonomi yang berkeadilan. Perihal tersebut sudah diatur dalam UU RI Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah, Bab II Asas serta Tujuan, Pasal 3 (Matianingsih et al, 2019).

            Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Back To Village Universitas Jember 2021 ini mengangkat Tematik Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid-19. Kegiatan KKN BTV-3 dengan mengangkat tematik tentang wirausaha bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup atau pendapatan pada sasaran. Cara untuk meningkatkan pendapatan pada sasaran dengan menginovasi produk agar produk lebih dikenal masyarakat melalui menambah variasi rasa pada produk dan mempromosikan melalui media platfrom digital marketing (media sosial). Tujuan dari mempromosikan produk melalui media sosial yaitu untuk menambah atau memperluas pemasaran agar produk terjual lebih banyak.

            Kegiatan KKN BTV ini memberdayakan UMKM jajanan pasar, seperti molen. Molen hanya dikenal dengan isian pisang saja oleh mayoritas masyarkat. Molen juga mayoritas sering dijumpai di daerah Pasar Tradisional. Melalui upaya pemberdayaan ini dengan tujuan menambah varian rasa pada molen sehingga untuk isian pada moleh tidak hanya satu varian saja. Setelah pemberdayaan menambah variasi pada produk, kemudian dilakukannya promosi dengan melaluli sosial media seperti Instagram dan Whatsapp. Melalui Instagram dibuatkan akun tersendiri sedangkan di Whatssapp melalui status.

Permasalahan yang dihadapi oleh sasaran yang merupakan pelaku UMKM jajanan molen di Desa Plampangrejo, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi ini yaitu antara lain :

  • Menurunnya pendapatan disebabkan tidak banyak pedangan pasar yang biasanya dititipkan dagangannya dikarenakan pandemic Covid19.
  • Pelaku UMKM molen tidak memasarkannya melalui platform digital marketing atau secara online.
  • Perlunya pendampingan terhadap sasaran pelaku UMKM agar produk semakin diminati oleh masyarakat secara luas dengan mem-branding produk.

            Tujuan dari adanya kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata ) Back To Village 3 Universitas Jember ini yaitu :

  • Untuk meningkatkan penghasilan atau pendapatan oleh pelaku UMKM
  • Mendampingi serta membantu pelaku UMKM dalam memasarkan melalui media online platform digital marketing.
  • Mendampingi dalam mem-branding dan variasi produk agar lebih menarik minat daya konsumen .

Metode

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline