Lihat ke Halaman Asli

Ulul Choiriyah

universitas diponegoro

Cegah Kerdil pada Anak, KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi Stunting pada Ibu-Ibu Desa Canggal

Diperbarui: 13 Agustus 2022   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

dokpri

dokpri

Temanggung (22/07/2022), KKN UNDIP Desa Canggal mengadakan sosialisasi Stunting pada Ibu-Ibu Desa Canggal Kecamatan Candiroto. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu rumah kader kesehatan Desa Canggal yang diikuti oleh 22 peserta meliputi ibu hamil, ibu muda dan ibu dengan anak balita. Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam dari pukul 13.00 sampai 15.00 WIB.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita (usia 0-5 tahun) akibat kekurangan gizi sehingga anak terlalu pendek di usianya. Kekurangan gizi pada bayi dapat terjadi sejak dalam kandungan, namun baru nampak ketika anak usia 2 tahun. Banyaknya anak stunting di Indonesia menjadikan sosialisasi stunting penting dilakukan terutama pada ibu-ibu. 

Sosialisasi stunting yang diadakan KKN UNDIP merupakan salah satu program multidisiplin KKN Universitas Diponegoro. Sosialisasi ini bertujuan untuk menekan angka stunting di Indonesia terutama di Desa Canggal dengan cara edukasi pada ibu-ibu. Pada Sosialisasi ini, ibu-ibu diedukasi mengenai pentingnya asupan gizi yang harus diberikan pada anak dalam usia pertumbuhan awal sekitar 0-2 tahun (golden age), ciri-ciri anak stunting dan cara mencegah atau menangani anak dengan gejala stunting. 

Sosialisasi stunting yang dilakukan mendapat respon baik dari masyarakat terutama ibu-ibu. Ibu-ibu sangat antusias dan menyimak informasi yang disampaikan. Harapan dari kegiatan ini, ibu-ibu lebih memperhatikan asupan gizi anak dengan baik dan memantau pertumbuhan anak sehingga terhindar dari stunting. 

Penulis: KKN TIM 43 Temanggung

DPL: Ir. Sulistyo, M. T., Ph. D.

Lokasi KKN: Desa Canggal Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline