Lihat ke Halaman Asli

Ulqi Rowiyana

Mahasiswi

Fase-fase dalam Belajar

Diperbarui: 1 Oktober 2023   13:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Belajar merupkan suatu hal yang tentunya membutuhkan proses. Dalam proses belajar pun pastinya akan terjadi perubahan yang bertahap yang mana akan berlangsung fase-fase tertentu. Menurut Jerome S. Bruner adalah seorang pakar Pendidikan yang memiliki pandangan terkait fase-fase belajar seorang siswa. Menurutnya fase belajar siswa itu ada tiga:

Fase Informasi

Pada tahap ini siswa mendapatkan materi, maka siswa yang belajar akan memperoleh berbagai keterangan mengenai apa yang sedang ia pelajari. Manfaat dari fase ini adalah untuk menambah dan memperdalam informasi yang sudah dimiliki sebelumnya.

Fase Transformasi

Fase ini merupakan fase pengubahan materi, maksudnya pengetahuan yang sudah diterima pada fase informasi akan diubah atau ditransformasikan menjadi bentuk yang abstrak (konseptual) agar dapat dipergunakan bagi kepentingan umum.

Fase Evaluasi

Fase ini merupakan fase dimana seorang pelajar menilai kemampuannya sendiri. Sejauh mana pengetahuan yang sudah didapatkan agar dapat dimanfaatkan untuk memahami pengetahuan yang lain. Ataupun seorang siswa dapat memecahkan masalah sendiri dengan pengetahuan yang sudah dimilikinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline