Lihat ke Halaman Asli

Model Sentra Ruang Kelas yang Baik untuk Anak Usia Dini

Diperbarui: 13 Desember 2015   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hal yang terpenting dalam penataan sentra ruangan adalah penempatan area dan jenis main. Penataan lingkungan man merupakan bagian yang penting dala kegiatan belajar mengajar dalam PAUD. Penataan lingkungan bermain yang bermutu harus dapat mengembangkan anaka yang menjadi tujuan sentra yaitu dapat membangun seluruh domain perkembangan pola piker anak. Selain itu penataan ruang di lingkungan paud harus di sesuaikan dengan kondisi dan karakteristik bangunan dan lingkungan pada PAUD tersebut.
Terdapat beberapa model sentra penataan sentra ruang untuk PAUD:
1. Sentra Balok
Sentra balok memfasilitsi anak bermain tentang konsep, bentuk, ukura,ketelitian, bahasa, dan kreatfitas. Bermain balok selalu dikaitkan dengan main peran mikro, bangunan yang di bangun anak digunakan untuk bermain peran.
2. Sentra main peran kecil (Mikro)
Pada sentra ini mampu mengembangkan kemamapuan berfokir anak secara abstrak, kemamapuan berbahasa, serta menyambungkan pengetahuan yanag sudah di miliki dengan pengetahuan yang baru.
3. Sentra main peran besar (Mikro)
Pada sentra ini dapat mengembangkan kemampuan mengennal lingkungan sosial, mengembanagkan kemamapuan berbahasa pada anak, serta kematanagan emosi.
4. Sentra IMTAQ
Pada sentra ini mengenalkan kehidupan beragama dengan ketrampilan yang terkait dengann agama yang di anut masing-masig anak, mengenalkan atribut sebagai agama serta sikap menghormati agama.
5. Sentra seni
Sentra seni meliputi senni tari, music, tari, kriya, atau seni pahat. Sentra ini dikembangkan tergantung pada kemampuan satuan paud. Sentra seni mengembangkan kemampuan motorik anak, seperti motorik halus, keselarasan gerak, nada, aspek sosial-emosional.
6. Sentra persiapan
Pada sentra ini lebih menekankan pengenalan keaksaraan awal pada anak, penggunaan buku, alat tulis yang dapat di lakukan pada semua sentra. Pada sentra ini persiapan lebih di perkaya jenis kegiatan bermainnya.
7. Sentra bahan alam
Pada sentra ini bahan main diisi dengan berbagai bahan main yang berasal dari alam. Pada sentra ini anak memiliki kesempatan menggunakan bahan main dengan berbagai cara sesuai pikira dan gagasan masing-masing dengan hasil yang berbeda.

   Setiap model sentra memiliki keunnggulan masing-masing.Oleh karena itu tidak penting apapun model yanag digunakan, yang terpenting bagaimana anak bisa nyaman, aman dalam bermain serta dapat mengembanagkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan perilaku baiknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline