Lihat ke Halaman Asli

Ulil Albab

Universitas Diponegoro

Cegah Stunting! Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Ciri Daging Ikan Segar

Diperbarui: 10 Agustus 2023   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumentasi Pribadi, 2023)

Desa Serut, [02/08/2023] -- Isu stunting masih hangat-hangatnya terdengar di masyarakat Indonesia dimana hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) menyatakan bahwa terjadi penurunan persentase stunting dari 24,4 % di tahun 2021 menjadi 21,6% di tahun 2022. Meskipun terjadi penurunan persentase stunting, Presiden RI Joko Widodo menyebutkan bahwa persentase stunting harus turun hingga 14% di tahun 2024. Oleh karena itu mahasiswa TIM II Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2023 dari Universitas Diponegoro mempersembahkan sebuah edukasi mengenai terkait pemilihan ciri daging ikan segar.

Program edukasi ini dipersembahkan oleh Muhammad Adilah Ulil Albab dari Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan Fakultas Perairan dan Ilmu Kelautan yang dijadikan sebagai kegiatan monodisiplin. Edukasi mengenai "Ciri Daging Ikan Segar" dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 02 Agustus 2023 pada Posyandu Nusa Indah I, Dukuh Banaran, Desa Serut, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo. Program ini dilaksanakan dengan memberikan materi mengenai tata cara berbudidaya ikan dalam ember melalui media power point setelah acara posyandu selesai. Pembuatan poster berisi ciri daging ikan segar juga dilakukan untuk memberikan penjelasan secara berkelanjutan pada warga yang tidak sempat hadir pada kegiatan posyandu tersebut.

(Dokumentasi Pribadi, 2023)

Program ini bertujuan supaya warga di Desa Serut dapat mengetahui bagaimana ciri daging ikan yang segar dan perbedaan kadar protein terhadap pemasakan daging ikan. Selain itu program ini juga sebagai salah satu bentuk pencegahan fenomena Stunting karena pemenuhan gizi protein bisa didapat dari ikan yang masih segar.

Penulis:  Muhammad Adilah Ulil Albab

Dosen Pembimbing Lapangan:

  • Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM
  • Dr. Ir. Ainie Khuriati, RS, DEA 
  • Dr. Ana Silviana, S.H., M.H.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline