Lihat ke Halaman Asli

Uli Hartati

TERVERIFIKASI

Blogger

Masakan Indonesia Nggak Klop dengan Kompor Induksi

Diperbarui: 21 September 2022   16:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompor Induksi Bukan Solusi, ilustrasi by ulihape

Perjalanan Kompor di Indonesia by Pemerintah

Sepertinya pergerakan kemajuan dunia perkomporan di Indonesia selalu dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah, dulu sewaktu aku kecil kompornya menggunakan sumbu, bahan bakarnya Minyak tanah (istilah orang Medan) kalau kelamaan memasak atau kelupaan maka kejadian kompor meleduk sering banget. 

Kata Mamak dulu pemerintah juga ingin mengamankan Minyak Tanah maka disubsidilah kompor gas bagi masyarakat, iming-imingnya begitu juga masak lebih aman, energi akan hemat juga. 

Ternyata sejarahnya berulang ges, kini pemerintah mulai kewalahan mengimpor LPG, negara kesusahan dana subsidi LPG diperkirakan akan membengkak karenanya pemerintah melontarkan ide menggantikan kompor gas dengan kompor induksi dan isu ini sudah pernah aku baca pada awal tahun 2020 bahkan saat itu katanya program PLN ini adalah 1 juta kompor induksi yah sama iming-imingnya lebih aman ceunah.

Kompor Induksi VS Kompor Listrik

Kurang paham programnya apakah kompor listrik atau induksi? Karena sejatinya kedua kompor ini berbeda, kalao yang tahun 2020 berita yang terbaca olehku adalah Program Kompor Induksi dari PLN. 

Bedanya apa Li? Cara kerja kompor listrik bekerja dari arus listrik tanpa magnet sedangkan kompor induksi cara kerjanya menggunakan listrik dan gelombang magnet. 

Alat masak kompor listrik juga bisa alat masak yang digunakan di kompor gas sedangkan kompor induksi alat masaknya harus terbuat dari besi atau stainless pokoknya yang bisa nempel magnet deh, dan investasi alat masaknya menurutku juga nggak murah sih. 

Kompor induksi judulnya itu berarti kompornya menginduksi si alat masak, karena kerja di area magent dan tadi alat masaknya nempel magnet maka panas akan berpusat ke alat masak bukan kompor inilah yang di klaim membuat kompor induksi lebih aman dari kompor gas dan listrik. 

Kalao kompor listrik selama kecolok kabel maka dia akan menyala sedangkan kompor induksi bila di atasnya tidak ada alat masak maka nggak akan nyala. Persamaannya kedua kompor ini bekerja menggunakan arus listrik dengan watt gede. 

Dan biasanya alat elektronik yang membutuhkan watt akan semakin baik hasilnya ketika watt yang digunakan semakin besar. Dan monmaap ini merk kompor induksinya kek apa ya? udah secanggih yanga da di pasarankah? eits jangan bilang "namanya juga subsidi yes" hehe

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline