Lihat ke Halaman Asli

Uli Hartati

TERVERIFIKASI

Blogger

Bertanya Langsung pada TGB (TGB Menjawab)

Diperbarui: 14 Juli 2018   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Politik memang susah di tebak, politik memang cerita tentang sebuah kepentingan. Karenanya sampai saat ini aku belum jatuh hati untuk terlibat dalam sebuah politik, meski terkadang aku berpikir hanya politiklah yang bisa mengantarkanku pada orang banyak.

Jangan ditanya aku diundang siapa, jangan tanya aku makan malam dimana, satu yang pasti it's not about money, tapi ini tentang ketulusan. Ketulusan orang-orang yang masih ingin Jokowi memimpin bangsa ini dan tentang ketulusan seorang Ulama untuk persatuan umat islam di Indonesia.

Berada ditengah-tengah orang yang tampak sedang menginterview calon "teman" baru, membuat aku paham bahwa politik memang permainan, namun begitu ternyata meski TGB telah dihujat para pemujanya tak lantas kubu yang dibelanya bisa menerimanya. Pihak yang didukung masih butuh verifikasi, 'beneren lu mau gabung kita, lu mau berjuang bersama kita ?" Mungkin begitulah penggambaran yang aku saksikan. 

Dan aku teringat ketika seseorang yang selalu berusaha nenikamku dari belakang tetiba datang meminta maaf 'maaf ya li selama ini aku jahat sama kamu, sekarang bisa enggak kita berteman ?". Whats ? Rasanya susah untuk langsung mempercayainya, paling tidak aku harus tanya sana sini untuk memastikan bahwa doi memang sudah tobat dan memang melihatku sebagai orang baik. Butuh waktu untuk menerima musuh menjadi teman. Mungkin itu juga yang dialami TGB bahwa pihak musuh tak lantas mempercayainya.

Dulu Lawan Sekarang Kawan

Dokpri

Bukan hanya TGB banyak pihak-pihak lain yang semula menyatakan diri berseberangan dengan Jokowi namun dalam perjalanannya mengubah sikap hanya karena memang melihat Jokowi adalah pemimpin yang baik. Hal inilah yang dirasakan TGB, meski Jokowi bukan presiden pilihan warganya (Jokowi kalah suara disana saat pilpres) namun Jokowi justru melakukan pembangunan tanpa pilih lokasi pemenangannya. Iya kali kek biasa gituloh, kalo gue menang maka jalan desa lu gua aspal ujung ke ujung. 

Namun Jokowi beda, atas dasar sila kelima pancasila 'keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia' maka Jokowi memberikan kebijakan satu harga untuk BBM, dan membangun infrastruktur diberbagai pelosok nusantara. TGB melihat ketulusan ini, karenanya dengan segala resiko terbuang dari partai yang mendukungnya, ditinggalkan pemujanya  dan akhirnya TGB kasih statement'orang baik perlu kita dukung'.

Sebagai seorang Ulama hal itu juga diyakininya bahwa selayaknya anak buah mensupport atasannya, apalagi selama melihat Jokowi TGB merasakan tak ada yang salah, bahkan isu yang dulu didengarnya tentang Jokowi juga tak terbukti, bahkan nuraninya meminta kepada semua ulama untuk menyampaikan kebenaran, namun tak semua orang baik mau bersuara, karena itulah TGB merasa harus mengambil sikap dan saatnya telah tiba yaitu kemarin. 

Ahok di mata TGB

Dalam bincang santai itu ada sebuah tanya yang bagiku cukup mengejutkan, 'Apa sikap Bapak sebagai Ulama menilai kasus Ahok', ah Ahok sudah hampir bebas dan ternyata pendukung Ahok masih tak melupakan masalah itu. Sebelum TGB menjawab, aku pribadi memanng menilai Ahok terpeleset dan Tuhan menolongnya dengan cara kemarin, bahwa Ahok masih diberi peringatan, bahwa Ahok masih disayang Tuhan dan aku percaya pengalaman di penjara akan membuat Ahok semakin besar. 

Lalu TGB menjawab bahwa untuk kasus Ahok beliau punya penilaian tersendiri, secara kinerja semua Gubernur Indonesia mengakui Ahok the best, tapi ketika seseorang yang seiman kitapun melecehkan sebuah ayat Alquran maka sudah layak diingatkan, apalagi Ahok sudah nonmuslim dan masih ada embel-embel lain yang di bangsa ini sangat sensitif yaitu 'tiongha', maka tak ada celah lagi bagi Ahok. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline