Lihat ke Halaman Asli

KKN UNEJ Kelompok 274

Universitas Jember

KKN Unej 274 Berpartisipasi dalam Membangun Generasi Unggul melalui Kegiatan Posyandu Balita & Lansia

Diperbarui: 25 Juli 2024   16:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelayanan Kesehatan di Posyandu Desa Gesang/dokpri

Lumajang-Jawa Timur (25/07/2024) Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia di Desa Gesang, Kecamatan Tempeh dilakukan bersama antara kader posyandu Desa Gesang dengan mahasiswa KKN kelompok 274. Kegiatan tersebut rutin digelar setiap bulan sekali di sekitar tanggal 15 hingga 19 pada waktu pagi hari sekitar pukul 08.00-selesai. Kegiatan posyandu dilaksanakan di posko posyandu yang telah tersedia di setiap dusun yang bertujuan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan pada anak dan lansia termasuk pemenuhan gizinya.

Posyandu yang digelar pada Kamis (18/7/2024) pagi elah diikuti sebanyak kurang lebih 42 anak Balita dan Lansia yang berjumlah kurang lebih 25 orang yang diperiksa kesehatannya. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa semua balita dan lansia dalam kondisi sehat.

Balita dan lansia yang mengikuti posyandu ini mendapatkan pelayanan untuk mengetahui pertumbuhan dan pekembangan dan dicatat melalui Buku Kartu Menuju Sehat (KMS) yang dibawa setiap ibu yang mengantar anaknya dalam kegiatan posyandu tersebut, pelayanan tersebut diantarannya: menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, mengukur lingkar kepala, dan mengukur lingkar lengan. Selain Balita, lansia juga mendapatkan pelayanan diantaraanya: menimbang berat badan, mengukur tinggi badan dan tensi darah.

Kegiatan ini ikut di hadiri dan dibantu oleh Tim KKN Unej Kelompok 274. Mahasiswa yang hadir ikut membantu pelayanan sehingga pelayanan berjalan dengan lancar. Salah satu anggota Tim yang bertugas membatu pelayanan, Diny Dwi Nastiti, mengatakan bahwa posyandu ini sangat ramai.

"Antusiasme warga sangat baik, karena hampir semua balita dan lansia yang terdaftar hadir dalam posyandu tersebut," Ujar Diny.

Sementara itu, salah satu pengurus kader posyandu yaitu Ibu Indra, mengatakan bahwa posyandu ini diharapkan bisa bermanfaat untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan Balita dan Lansia.

"Saya berharap dengan diadakannya posyandu ini para ibu dan lansia lebih bisa memperhatikan kesehatannya terutama pada balita supaya gizi yang diberikan terpenuhi dan tidak Stunting" Ujar Ibu Indra

Kegiatan Posyandu ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya konkrit dalam membangun kesehatan masyarakat Desa Gesang, serta memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas hidup generasi muda dan lansia di wilayah tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline