Lihat ke Halaman Asli

8 Kecerdasan Dalam Dunia Akademik Kelas

Diperbarui: 19 Maret 2016   09:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="8 kecerdasan (gambar: www.sunshineyoga.pt "][/caption]

Dalam dunia pendidikan pastinya tidak lepas dari masalah kecerdasan seseorang. Dari banyak faktor kecerdasan bisa disalah artikan dengan talenta dan juga pengalaman dasar. Pesatnya ilmu pengetahuan yang mulai berkembang dan seiring berkembangnya zaman membuat argumen demi argumen muncul. Salah satunya adalah teori Multiple Intelligences ( kecerdasan ganda ). Teori  ini di ungkapkan oleh Prof. Howard Gardner dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa kecerdasan seorang ada 8 . Pendapat ini di kuatkan adanya contoh seperti Albert Einstein cerdas dalam ilmu pasti namun berbeda lagi jika dalam satu waktu ia harus merangkai kode-kode lagu dan not dalam sebuah lagu. Hal ini sama seperti seorang anak yang cerdas dalam berbicara namun lemah dalam akademik, atau sebaliknya. Kecerdasan menurut Gardner ada 8 yaitu :

1. Kecerdasan berbahasa (word smart) 

Kecerdasan jenis ini adalah kecerdasan dalam mengolah kata, seperti politikus dan juga narrator.  Seorang yang memiliki kecerdasan seperti ini biasanya tanpa ada persiapan berbicara di depan umum sudah lancar dan tanpa berpikir lama. 

2. Kecerdasan logika-matematika (number smart) 

Logika memang tidak pernah lepas dari matematika dan ilmu pasti lainnya. Kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh programmer , matematikawan atau ilmuwan yang serat akan angka angka dan juga cara berpikir yang susuh di tepat (menurut saya) 

3. Kecerdasan visual - spasial (picture smart ) 

Grafik dan penalaran bentuk suatu bidang menjadi titik acuan dalam kecerdasan ini. Seorang yang memiliki kecerdasan seperti ini semisal adalah arsitek, navigator dan pemburu. Tepat dalam sasaran dan juga pandai dalam meletakkan suatu benda dan juga grafik dalam tempo yang tepat. 

4. Kecerdasan gerak tubuh (body smart ) 

Semisal penari atau pedansa lainnya. Tidak gampang untuk mempelajari jika seorang yang tidak punya kecerdasan seperti ini. Karena hal ini mengarah pada kelentukan otot dan gerak tubuh. 

5. Kecerdasan bermusik (music smart) 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline