Lihat ke Halaman Asli

Apollo 11, Misi Pencapain Tertinggi Umat Manusia

Diperbarui: 3 Maret 2016   12:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Niel Armstrong (sumber:nationalgeograhic.com "][/caption]

Misi apa yang menjadi pencapaian umat manusia yang mana pencapaiannya benar-benar menjadi sejarah yang tidak ada tandingannya? Apakah pencapaian pertama di gunung Mountain Everent. Bukan ! 

Banyak ahli sejarah dan akademisi yang sepakat kalo pencapaian tertinggi yang pernah diraih oleh umat manusia adalah pendaratan manusia pertama kali di bulan oleh NASA.

Misi Apllo ke 11 oleh NASA  dalam era sekarang masih saja menjadi bahan obrolan apakah itu hoak atau tidak. Sejarah singkat mengenai popularnya misi antariksa waktu tahun 60 an yang terjadi antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet. 

Perang dingin yang di mulai antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet membuat gencaran Teknologi penjelajahan antariksa. Uni Soviet yang kala itu sudah meluncurkan misi penjelajahan antariksa oleh astronot perempuan,  Yuri Gagarin pada 15 April 1961. Mendengar astronot perempua pertama yang keluar bumi dan menjelajah antariksa membuat Presiden John F Kennedy yang sebelumnya tak begitu peduli dengan eksplorasi langit kala masih menjabat senator. Sehingga ia pun mencanangkan Amerika Serikat harus bisa mendaratkan manusia ke Bulan dan membawanya pulang kembali dengan selamat sebelum tahun 1970 bermula. Sebagai perwujudannya, NASA pun dibangun dan dikucuri dana dalam jumlah sangat besar. Pada puncaknya dana yang diterima NASA bahkan setara dengan 4 % nilai APBN AS 1966. Ambisi itulah yang diemban oleh Apollo 11.

Apollo 11 menugaskan Neil Armstrong, Bozz Aldrin dan juga Michael Collins. Namun waktu itu Collins tidak ikut keluar Modul ( seperti pesawat yang mengantar 3 astronot ke bulan )  karena dia punya tugas lain untuk diemban.  

Apollo 11 meluncur dari landasan 39 di kompleks pusat antariksa Kennedy yang terletak di pulau Merritt, Semenanjung Florida (AS) pada 16 Juli 1969 dengan digendong roket raksasa Saturnus V. Demikian bertenaganya roket raksasa ini sehingga getaran yang ditimbulkannya kala mencurahkan segenap energinya guna lepas landas terekam ke seluruh penjuru daratan AS oleh instrumen-instrumen pengukur gempa bumi (seismometer). Dalam 12 menit kemudian Apollo 11 telah mengorbit Bumi dalam orbit rendah dengan ketinggian hanya 170 km dari permukaan Bumi. Setelah seluruh awak memastikan semua instrumen Apollo 11 berfungsi normal mereka pun melejit ke Bulan dalam 2,5 jam kemudian. Butuh waktu hingga 73 jam lamanya sebelum Apollo 11 berhasil mengorbit Bulan dengan mulus. Tepatnya tanggal 20 Juli 1969 Apollo 11 berhasil mendarat di bulan. 

Perjalanan menuju ke bulan tidak semulus perkiraan. Awlnya modul Bulan mendarat di dekat bongkahan batu dekat kawah Little West, namun Neil membuat menual mesin dengan memindahkan pendaratan lebih jauh dari kawah Little West. 

Fakta yang sering di anggap Hoak : 

1. Bendera yang tidak bisa melayang 

[caption caption="apollo 11 (sumber: da.wikipedia.org"]

[/caption]
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline