Lihat ke Halaman Asli

Ulfa Utari

Mahasiswi UIN SUSKA RIAU

Pengembangan Media Kapal Selam Sederhana Untuk Membantu Siswa Dalam Memahami Fluida Statis Dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 29 Juni 2022   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengembangan Media Kapal Selam Sederhana Untuk Membantu Siswa Dalam Memahami Fluida Statis dalam Kehidupan Sehari-hari
Devolopment Of Kapal Selam Sederhana Media To Help Students In Understanding The Static Fluid In Daily Life

Mufida Jannur Daulay1, Ulfa Utari 2 

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 

Corresponding Author : mufidajannurdaulay@gmail.com

Abstrak
Pengembangan alat peraga berbasis eksperimen sederhana pada materi fluida statis untuk Konsep Dasar Fisika SD/MI. Program studi Pendidikan Guru MI. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Permasalahan dari penelitian ini adalah keterbatasan media pembelajaran mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep dasar fisika yang disebabkan proses pembelajaran yang belum mengoptimalkan penggunaan media dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran IPA yang mudah,praktis dan efektif dan dapat diterapkan sebagai media pembelajaran IPA pada materi fluida statis. Terkait dengan latar belakang tersebut maka penelitian ini dibuat untuk: (1) untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan media pesawat selam sederhana di SD/MI. (2) untuk mengetahui keefektifan media kapal selam sederhana dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang fluida statis dalam kehidupansehari-hari . Penelitian ini bersifat kualitatif deskripsi. Subjek penelitian adalah anak SD/MI yang berada di lingkungan peneliti berjumlah 4 orang. Dari hasil dan analisa data penelitian dapat disimpulkan bahwa: a) pelakasanaan media kapal selam sederhana di SD/MI sudah cukup baik, b) penerapan media kapal selam sederhana di didapat dari bahan -bahan sederhana dan siswa aktif dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan;Media;Alat Peraga;Kapal selam sederhana,Fluida Statis 

Abstract

Development of teaching aids based on simple experiments on static fluid materials for elementary SD/MI physics basic concepst. Madrasah Ibtidaiyah teacher education study program. State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau.
The problem of this research is the limitation of learning media resulting in a low understanding of the basic concepts of physics due to the learning process that has not optimized the use of media in the teaching and learning process. This study aims to develop and produce science
 
learning media that are easy, practical and effective and can be applied as science learning media on static fluid materials. Related to this background,this study was made to : (1) determine the success rate of implementing simple submarine media in SD/MI. (2) to find out the effectiveness of simple submarine media in increasing students' understanding of simple ships in increasing students' understanding of static fluids in everyday life. This research is descriptive qualitative. The research subjects were SD/MI children who were in the research environment totaling 4 people. From the results and analysis of research data can be concluded that: a) the implementation of simple submarine media in SD/MI is good enough, b) the application of simple submarine media can be obtained from simple materials and students are active in the learning process.

Keywords: development;media;props;simple submarine;static fluid 

PENDAHULUAN

Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan pendidik dan peserta didik atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam kegiatan proses belajar mengajar peserta didik memerlukan sesuatu yang memungkinkan dia berkomunikasi secara baik dengan pendidik,teman maupun dengan lingkungannya. Kebutuhan akan bimbingan,bantuan dan perhatian yang menumbuhkan gairah belajar, dan meningkatkan pemahaman peserta didik.
Media merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran,perasan,dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar pada dirinya. Penggunaan media secara kreatif akan memungkinkan peserta didik untuk belajar lebih baik dan dapat meningkatkan kreatif siswa dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu fungsi utama dari media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar,yakni menunjang penggunaan metode mengajar yang digunakan pendidik. Pengajaran lebih menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan semangat siswa dalam belajar,bahan pengajaran akan lebih jelas dipahami siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran yang diajarkan pada hari tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline