Lihat ke Halaman Asli

Ulfaria

Nama ULFARIA

Jangan Dipandang Sebelah Mata

Diperbarui: 26 Maret 2019   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

halopsikolog.com

Tahun-tahun belakangan ini peran konseling sudah meluas, melampaui persoalan akademik dan karier. konselor membantu konseling dalam berbagai hal seperti harga diri (self esteem), perkembangan personal (personal growth), hubungan dalam keluarga, identitas seksual, komunikasi lintas budaya, kekerasan yang berhubungan dengan pemakaian obat terlarang (substance abuse, drugs abuse), gangguan pola makan (eating disorder, depresi kecemasan, dan kecenderungan bunuh diri.

Assesmen adalah Proses mengumpulkan informasi yang biasanya digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan yang nantinya akan dikomunikasikan kepada pihak-pihak terkait oleh asesor. Assesmen berkaitan dengan dinamika kepribadian, latar belakang lingkungan sosial dan keluarga, pola interaksi dengan orang lain, persepsi terhadap diri dan realita atau riwayat secara genetis dan fisiologi. Assesmen dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik, diantaranya wawancara, tes, obeservasi, dan life record. 

dilansir dari analisis kasus psikologi klinis, Subjek adalah salah seorang siswa dari SLB-G Yayasan Bhakti Mitra Utama.
Nama : Elly
Umur : 30 tahun
Hobby : Menyapu 

Elly adalah salah satu siswa dari SLB-G Yayasan Bhakti Mitra Utama.  

Kondisi awal
Kondisi Elly dulu keadaannya kurang sehat, dalam berperilaku pun ia cenderung pasif dan tidak terbuka seperti sekarang yang ia tunjukkan pada semua orang. Elly dulu juga kurang dapat beradaptasi pada lingkungannya yang baru sehingga mengakibatkan ia kurang bersosialisasi terhadap orang-orang di sekelilingnya. 

Diagnosis
Mendiagnosis adanya gejala Retardasi Mental (RM) pada Elly awalnya adalah dengan pemeriksaan fisik oleh dokter dengan melihat apakah penurunan tingkat kecerdasan yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan adaptasi terhadap tuntutan dari lingkungan sosial biasa sehari-hari. Pada pemeriksaan fisik pasien dengan Retardasi Mental dapat ditemukan berbagai macam perubahan bentuk fisik, misalnya perubahan bentuk kepala: Mikrosefali, Hidrosefali, dan Sindrom Down. Wajah pasien dengan Retardasi Mental sangat mudah dikenali seperti Hipertelorisme, lidah yang menjulur keluar, gangguan pertumbuhan gigi dan ekspresi wajah tampak tumpul. Setelah itu dilakukan tes Intelegensi untuk mengetahui tingkat intelegensinya yang dipergunakan sebagai tolak ukur bahwa ia mengalami retardasi mental. Dan dapat berlanjut menggunakan Son Test untuk mengetahui mental age dan menentukan posisi di kelas mana ia dapat masuk.

Kondisi sekarang
Kondisi Elly sekarang semakin baik, dengan melihat sekarang ia sudah mudah beradaptasi dengan lingkungannya yang baru bahkan orang yang baru ia temui. Tidak ada kesan malu atau takut. Hobby nya dalam keseharian adalah menyapu, ia tinggal di asrama SLB dan menjadi keluarga mandiri yang terlatih untuk dapat beraktifitas seperti kehidupan orang-orang lainnya.

Prosedur assesmen yang digunakan oleh SLB-G Yayasan Bhakti Mitra Utama terhadap siswanya adalah berawal dari wawancara. Melalui wawancara itulah kemudian pengajar menggunakan metode Son Test untuk mengetahui siswa lebih dalam, yaitu tes yang digunakan untuk mengetahui mental age dari penderita cacat ganda dengan cara verbal dan non verbal. Dengan menggunakan Son Test, pengajar dapat mengetahui mental age siswanya dan dapat menentukan posisi kelas mana yang akan mereka tempati. Selain itu juga dapat menentukan jenis pelayanan beserta cara dalam berinteraksi yang akan disampaikan oleh para pengajar agar memudahkan proses bersosialisasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline