Mata kuliah: fisik motorik
Dosen pengampu : ibu Gandes Sembodro Budy M.Pd
1.Belajar melalui bermain
pada metode ini anak anak melakukan bermain sambil belajar untuk mendukung perkembangan motorik, kognitif, dan emosional anak . Anak usia dini memiliki kebutuhan motorik kasar, seperti melompat, berlari, dan menaiki tangga. Metode ini mendukung perkembangan motorik kasar anak dengan menyediakan permainan yang mengejar karakteristik motorik tersebut[3].
2.Belajar dengan bercerita
Metode ini menggunakan cerita untuk menyampaikan informasi dan mengembangkan keterampilan komunikasi, emosi, dan kreativitas anak. Anak akan belajar untuk mengunakan komunikasi dua arah yang dapat membantu megembangkan imajinasi anak.
3.Belajar melalui musik dan lagu
dengan metode ini anak akan mampu mengenal kosa kata baru yang melatih kognitif dan motorik anak sehingga saat anak mendengarkan lagu secara tidak lansung anak akan mengerakkan motorik nya. Selain itu metode ini menggunakan musik dan lagu untuk menyampaikan informasi, mengembangkan keterampilan musik, dan meningkatkan kesejahteraan emosional anak.
4.Belajar dengan Simulasi
Dalam metode ini anak akan belajar mengenal kondisi kehidupan yang nyata dengan sebuah kegiatan belajar yang di wujudkan degan kegiatan permainan. Contoh daro metode ini adalah sosiodrama (anak bermain peran seperti peran dokter dokteran, polisi dan maling) psikodrama (anak akan menjadi diri sendiri dengan sekenario yang ada di pikira nya) role playing (anak bermain peran dengan melakukan drama bersejarah)
5.Metode Karya wisata