Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya akan menjelaskan secara singkat yakni Filsafat pendidikan perenialisme.
1.Pengertian Aliran perenialisme.
Parenialisme adalah sebuah aliran dalam pendidikan yg lahir abad ke-20 karena aliran ini reaksi menentang progresivisme yg menekankan pada suatu perubahan serta sesuatu yg baru.
Kata perenialisme berasal dari kata perenial yg artinya abadi kekal dan tanpa akhir dalam umum pengertian Parenialisme tradisi dipandang melalui prinsip pribadi dan mengalir sepanjang sejarah manusia merupakan hakikat manusia .
Dalam filsafat pendidikan berpandangan bahwa pendidikan sebagai jalan kembali atau proses pengembalian keberadaan manuisa seperti masa lampu yang ideal sehingga tugas pendidikan memberikan pengetahuan yang absolut serta abadi
Dalam kebudayaan ideal tersebut
4 prinsip dalam pembelajaran yg dimiliki manusia perenialisme
1. Kebenaran yg bersifat universal dan tidak tergantung pada tempat dan orang.
2. Pendidikan yg baik melibatkan pencarian pemahaman atas kebenaran.
3. Kebenaran dapat ditemukan dalam karya2 agung
4. pendidikan adalah kegiatan liberal untuk mengembangkan nalar beberapa pandangan tokoh perenialisme
2. Tokoh-tokoh dalam aliran Parenialisme sebagai berikut:
-Robert maynard hutchin
Lahir 17 januri 1899 - 14 mei 1977
Filsuf pendidikan dari Amerika.
Berpendapat bahwa pendidikan harus menumbuhkan kecerdasan dan perkembangan harmoni dari semua daya manusia. tujuan utamanya
jadi, pendidikan itu harus mengembangkan kekuatan pikiran dan dia juga menggambarkan bahwa pendidikan yang ideal adalah pendidikan pendidikan yang mengembangkan daya intelektual. Menurut Hutchins di The University of Utopia , "Objek sistem pendidikan, yang diambil secara keseluruhan, bukan untuk memproduksi tangan untuk industri atau untuk mengajar kaum muda cara mencari nafkah. Ini untuk menghasilkan warga negara yang bertanggung jawab".
-Ortimer Adler lahir 28 Desember 1902-28 juni 2001
Seorang penulis populer
Sebagai seorang filsuf
Salah seorang
Manusia makhluk rasional yg memiliki kapasitas dan subjek aktif kegiatan seperti menulis membaca makhluk sosial
Hidup intelektual nya juga hidup ditengah komunitas yang akan menjadi eksis melalui komunikasi.
Aliran filsafat pendidikan perenialisme ini lebih mementingkan waktu lampau, karena menurut perenialisme sendiri manusia dianugerahkan kemampuan berfikir, dan pendidikan disini harus lebih fokus pada pengembangan kemampuan berfikir siswa, perkembangan berpikir anak dapat diperoleh melalui permanent studies yaitu kekayaan intelektual rill klasik yang dimiliki manusi. Sehingga berdasarkan pernyataan tersebut aliran perenialisme ini mementingkan pendidikan masa lampau dari pada masa kini.
Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H