Lihat ke Halaman Asli

Ulfa Alvina

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Partisipasi Mahasiswa KKN Kolaboratif #3 Kelompok 014 Dalam Tradisi Petik Laut Di Desa Mojomulyo

Diperbarui: 29 Juli 2024   07:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan Petik Laut Desa Mojomulyo, 28 Juli 2024

Dalam rangka mengungkapkan rasa Syukur Masyarakat nelayan Desa Mojomulyo Kecamatan Puger Kabupaten Jember telah melaksanakan kegiatan Petik Laut. Kegiatan Petik Laut ini dilaksanakan setiap 1 tahun sekali  oleh penduduk yang tinggal di pesisir Pantai. Mahasiswa KKN-K 014 Desa Mojomulyo turut berpartisipasi dalam kegiatan Petik Laut.

"Kegiatan Petik Laut ini dilaksanakan secara rutin oleh warga pesisir Pantai yang berprofesi sebagai nelayan yang bertujuan untuk mencari keselamatan dan kemudahan dalam mendapatkan hasil yang melimpah", ujar Edy Purwanto selaku Kepala Desa Mojomulyo. Warga desa dan mahasiswa KKN-K 014 Desa Mojomulyo sangat berantusias dalam menjalankan kegiatan ini.

Penyelenggaraan ritual petik laut dipadati dengan serangkaian acara yang berlangsung selama dua hari. Hari pertama, Masyarakat nelayan mengadakan pengajian khotmil qur'an yang dilanjutkan dengan selamatan desa. Kemudian hari kedua, merupakan acara puncak, Masyarakat nelayan mengadakan acara pemberian sesaji ke laut.

Dengan digelarnya upacara tersebut menandakan bahwa laut yang telah menjadi sumber kehidupannya akan Kembali memberikan limpahan rezeki yang tentunya datang dari tuhan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan warga Desa Mojomulyo tetap selalu bersyukur atas hasil yang diperoleh oleh para nelayan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline