Lihat ke Halaman Asli

Nurhikmatul Fallah

saya sebagai seorang mahasiswa

Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing

Diperbarui: 23 Juni 2023   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam era globalisasi saat ini digital marketing menjadi suatu perkembangan teknologi yang tidak dapat dihindarkan lagi. Hampir semua bidang saat ini sudah menggunakan digital marketing. Digital marketing ini sendiri merupakan promosi atau penjualan melalui jejaring sosial media. Saat ini sosial media tidak hanya menyambungkan orang degan perangkat saja akan tetapi bisa menghubungkan orang lain diseluruh dunia.

Jejaring sosial atau platfrom yang biasa digunakan untuk digital merketing diantaranya adalah facebook, tiktok, instagram maupun twitter. Atau Para pelaku usaha bisa menggunakan blog atau situs pribadi untuk mempromosikan usahanya melalui jejaring sosial.

Digital merketing ini dapat membantu untuk memudahkan para produsen, perantara maupun konsumen untuk berinteraksi. Digital marketing adalah metode yang membantu para pelaku usaha untuk menjangkau pelanggan dan memberi informasi tentang produk dan layanan mereka dengan cara itu bisa membuat para pelaku usaha mempermudah meningkatkan layanan pelanggan. digital marketing membuat para pelanggan semakin mandiri dalam membuat keputusan pembelian berdasarkan hasil pencariannya dan para pelaku usaha bisa menjangkau seluruh konsumen di manapun mereka berada tanpa ada lagi batasan wilayah maupun waktu.

Di zaman ini UMKM memiliki peran yang sangat penting untuk memajukan perekonomian di Indonesia. Karena dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan meacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

Keberadaan ekonomi digital membantu UMKM untuk terus berkembang dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Memasuki era 4.0 UMKM dituntut untuk mengembangkan diri melalui pengembangan digital. Para pelaku usaha mikro kecil menengah harus bisa memanfaatkan Media promosi berbasis digital untuk dapat terus bersaing dan berkembang serta mendapatkan untung sebanyak-banyaknya.

Saat ini sudah banyak pemilik usaha yang sudah memanfaatkan media promosi berbasis digital tetapi ada beberapa usaha yang masih bertahan di offline justru mengalami kemunduran. Meskipun masih berada pada kondisi pasca Covid-19 para sektor UMKM terus berusahatetap bertahan dengan melakukan berbagai cara seperti meningkatkan promosi ataupun memberikan diskon.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline