Lihat ke Halaman Asli

Ulayra NurulHazizah

Dreams become True

Negara dengan 718 Ragam Bahasa

Diperbarui: 9 November 2020   07:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Negara dengan 718 Ragam Bahasa

Seperti yang kita ketahui pengertian Bahasa merupakan sebuah media dimana seseorang dapat berkomunikasi dan saling bertukar informasi satu sama lain saling memahami secara fisik/jiwa. Nah, Bahasa juga  disebut sebagai identitas bagi Negaranya loh.... dilansir dari beberapa sumber bahwa ragam bahasa di dunia ini sangatlah banyak, jumlahnya pun mencapai 7.000 bahasa mulai dari bahasa nasional suatu negara hingga bahasa etnisnya. Dan Ethnologue Languages of the world melansir 3 negara yang memiliki banyak bahasa yaitu :

1.Papua Nugini menduduki peringkat pertama dengan jumlah ragam bahasa terbanyak di dunia yaitu 840 bahasa (Inggris,Hiri Motu dan Tok Pisin menjadi bahasa resmi).

2.Indonesia, negara kita menduduki peringkat kedua dengan ragam bahasa yang berjumlah 718 bahasa diantaranya Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Sasak, dan lainnya.sedangkan  Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi (Bahasa pemersatu bangsa).

3.Nigeria, negara bagian Afrika Barat ini menduduki peringkat ketiga dengan jumlah ragam bahasanya yaitu 524 bahasa.  Sedangkan bahasa resminya adalah Bahasa Inggris.

Meninggalkan konteks bahasa di dunia, Indonesia sendiri kita tahu memiliki banyak sekali ragam budaya,ragam suku, dan juga ragam bahasa. Hal ini disebabkan karena letak geografis yang terpisah. Apakah hal ini membuat kita terpecah belah ? Tidak, berbeda ragam bahasa bukan berarti kita tak sama, kita malah harus bangga dan menjaga setiap ragam bahasa di daerah kita. Antar daerah pasti berbeda dialeknnya, pasti kalian sudah tahu apa itu dialek ? Yah , dialek ialah cara mengucapkan kata-kata yang khas dari  suatu kelompok atau suatu daerah.

Seperti contoh bahasa Madura dan bahasa Jawa. Ketika mengucapkan " terima kasih", dalam bahasa Madura " Mator sekelangkong "  di Jawa sendiri " Matur Nuwun". Hal ini juga berbeda pengucapannya saat menggunakkan bahasa Minahasa " Makapulu sama' " dan juga bahasa Gorontalo" Odu'olo". Dengan adanya keragaman bahasa di negara kita, banyak pula manfaat ragam bahasa bagi bangsa. Apa saja manfaatnya ? Yuk kita cek di bawah ini agar lebih mengetahui dan bangga dengan ragam bahasa kita, yaitu :

  1. Bisa mempersatukan ratusan bahasa yang ada di Indonesia
  2. Bisa menjadi lambang kehormatan bangsa Indonesia
  3. Sebagai lambang jati diri bangsa Indonesia
  4. Bisa mempersatukan suku dan budaya etnis di Indonesia
  5. Bisa memperkaya kosa kata , menambah wawasan


Selain itu bahasa Indonesia memiliki manfaat bagi negara juga loh.. penasaran kan ??? Langsung saja kita sebutkan manfaatnya :

  1. Sebagai bahasa resmi Indonesia
  2. Menjadi instrumen komunikasi dalam implementasi pembangunan nasional
  3. Menjadi bahasa dalam pengantar pendidikan

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya ragam bahasa di Indonesia bukan menjadi suatu halangan untuk kita besatu. Kita harus bangga dan terus melestarikan setiap budaya dan bahasa daerah kita masing-masing. Kita juga memiliki bahasa pemersatu, bahasa Ibu pertiwi yaitu bahasa Indonesia yang menjadi bahasa resmi kita.

Semoga dengan adanya artikel ini, kita dapat memahami pengertian bahasa fungsi bahasa dan ragamnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya kawan.....

Nama : Ulayra Nurul Hazizah

NIM : 4330019004

Prodi : S1 Pendidikan Bahasa Inggris

 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline