Lihat ke Halaman Asli

Ulaya Hanifah

Mahasiswa

Mikroalga Pendegradasi ?

Diperbarui: 10 Januari 2022   11:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. (Konsentrasi makro dan mikro nutrient pada air limbah Pww, Sww dan PE dengan medium MLA) (Znad et al., 2018)

Siapa kah Mikroalgae Pendegradasi itu ?

Mikroalgae Pendegradasi itu adalah microalgae berwarna hijau yang kita sebut Chlorella vulgaris, merupakan makhluk hidup penyelamat bumi. Mengapa seperti itu ? Karena Chlorella vulgaris dapat mengurangi air limbah, demi mencegah pencemaran air, dapat kita sebut fotobioreaktor yaitu memanfaatkan mikroalga menjadi alternatif untuk pengolahan air limbah yang ekonomis. Mikroalga telah menarik perhatian yang cukup besar karena kemampuannya yang dapat menghilangkan nutrien (N dan P) dan karbon organik (Znad et al., 2018). Secara prinsip, sumber karbon organik, nitrogen, dan fosfor yang ada dalam limbah cair dimanfaatkan oleh mikroalga sehingga dihasilkan biomassa dan oksigen. Seterusnya oksigen dimanfaatkan oleh mikroorganisme untuk merombak bahan organik yang ada dalam limbah tersebut (Soeprobowati dan Hariyati, 2013).

Limbah air yang berasal dari hasil kegiatan industri, domestik, dan kegiatan lainnya berpotensi sebagai bahan pencemar sumber daya air ketika kadarnya (unsur karbon, nitrogen, dan fosfor) melebihi ambang baku mutu. Maka dari itu diperlukan pengolahan air limbah sebelum dibuang ke badan perairan. Dari penelitian yang dilakukan Znad et al., 2018 mengenai uji coba  tiga sumber air limbah (air limbah primer, Pww, air limbah sekunder, Pww, dan limbah minyak bumi, PE) yang berdampak pada pertumbuhan alga dan penghilangan nutrisi alga dengan metode bioremediasi. Telah membukti bahwa Chlorella vulgaris dapat mengurangi nutrisi pada ketiga air limbah tersebut (Gambar 1), sehingga jika dibuang tidak membahayakan lingkungan.

             

Dari penelitian tersebut, diharapkan menjadi suatu solusi bagi kita sebagai penerus bangsa Indonesia dalam mencegah dan mengurangi adanya pencemaran air dengan memanfaatkan makhluk hidup (bioremediasi).

Tim Penulis :

 Angela Mary Gratia A , Karin Pramesti Listiyani, M. Rizki Fauzi , Metha Sadeva dan Ulaya Hanifah

Referensi

Soeprobowati, T.R. dan Hariyati, R. (2013). Potensi Mikroalga sebagai Agen Bioremediasi dan Aplikasinya dalam Menurunkan Konsentrasi Logam Berat pada Instalasi Pengolahan Air Limbah Industri. Universitas Diponegoro. Diakses dari: https://mbio.fsm.undip.ac.id/v1/wp-content/uploads/2015/05/Lapora n-Akhir-2013.pdf

Znad, H., Al Ketife, A. M. D., Judd, S., AlMomani, F., & Vuthaluru, H. B. (2018). Bioremediation and nutrient removal from wastewater by Chlorella vulgaris. Ecological Engineering. 110, 1--7. https://doi.org/10.1016/j.ecoleng.2017.10.008




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline