Lihat ke Halaman Asli

PPK Ormawa UKM Relawan UMY

Unit Kegiatan Mahasiswa Relawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Tanam 100 Bibit Pohon Gayam, Langkah Awal Konservasi Lingkungan-Desa Sumber

Diperbarui: 6 Agustus 2024   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Media PPK Ormawa UKM Relawan UMY

Magelang, 22 juni 2024 - Dalam rangka program pemberdayaan masyarakat, sebagai langkah awal dalam konservasi lingkungan Desa Sumber yang langsung terjun bersama tim PPK Ormawa dan masyarakat desa dalam melaksanakan kegiatan menanam pohon gayam dengan berjumlah  100 bibit tanaman pohon gayam bertempat di Desa Sumber, kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang pada sabtu (22/6).

Selanjutnya, penjelasan dari organisasi JOGO TUK terkait bagaimana cara menanam pohon gayam dan sekaligus membagi lokasi di Desa Sumber yang akan di jadikan konservasi lingkungan desa yang nanti akan menjadi tempat sumber mata air yang besar.
"Kami dari Organisasi  JOGO TUK Desa Sumber menyambut baik adik-adik mahasiswa dalam upaya konservasi lingkungan desa, kami harap nantinya penanaman pohon gayam ini dapat menjadi langkah baik buat Desa kedepannya terutama sumber airnya yang akan terus terjaga, sehingga desa tidak mengalami kekurangan air buat kedepannya, "Pungkas JOGO TUK".


Setelah kegiatan penyerahan secara simbolis pohon gayam, dilanjutkan dengan melakukan penerjunan tim PPK Ormawa UKM Relawan UMY yang bertempat dilahan desa yang akan di tanami pohon gayam. Tujuan kegiatan ini guna menjaga ketersediaan air bersih juga memastikan pasokan air bersih yang cukup untuk kebutuhan manusia, pertanian dan mengurangi resiko bencana kekeringan di desa.

Manfaat konservasi lingkungan guna mitigasi perubahan iklim agar menjaga kualitas dan kuantitas air dapat membantu dalam penanganan dampak perubahan iklim, seperti kekeringan. Dampak positif konservasi lingkungan buat kesehatan masyarakat itu baik karna semakin luas akses air bersih itu dapat berupaya mengurangi risiko penyakit yang ditularkan melalui air seperti diare.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline